Kode Mata Kuliah | TG3113 / 3 SKS |
---|
Penyelenggara | 123 - Teknik Geofisika / FTTM |
---|
Kategori | Kuliah |
---|
| Bahasa Indonesia | English |
---|
Nama Mata Kuliah | Seismologi | Seismology |
---|
Bahan Kajian | - Gelombang seismik: teori elastisitas, persamaan gelombang, jenis-jenis gelombang seismik;
- Seismograf: prinsip kerja seismograf;
- Jaringan seismologi: jenis-jenis jaringan seismograf;
- Seismogram: ray dan waktu tempuh dalam bumi bulat dan sifat-sifatnya, fasa-fasa gelombang seismik dari suatu gempa bumi;
- Hiposenter: metoda penentuan hiposenter;
- Mekanisme fokus: teori bingkas elastik, sesar dan polaritas gelombang seismik, pola radiasi gelombang P, representasi bidang sesar dalam streografi;
- Pemodelan fungsi waktu sumber gempa bumi: sumber garis Haskel, directivity, spektrum sumber;
- Magnitudo: konsep dan jenis-jenis magnitudo; Energi: konsep dan metoda perhitungan energi;
- Intensitas: pengertian intensitas dan skala intensitas;
- Statistik gempa: hubungan magnitudo dengan frekuensi kejadian gempa;
- Seismotektonik: hubungan antara topik-topik sebelumnya dengan tektonika lempeng.
|
|
---|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Mahasiswa memiliki pengetahuan dasar seismologi yang baik untuk studi lebih lanjut baik dari segi keilmuan maupun keteknikan.
|
|
---|
Metode Pembelajaran | Kuliah di kelas
Dosen mengajar siswa di kelas. Akan ada kuis, tugas, atau pekerjaan rumah di beberapa kelas. Dosen mempresentasikan materi kuliah dengan menggunakan media seperti slide di LCD proyektor dan papan tulis.
Praktikum atau percobaan di laboratorium
Mahasiswa melakukan praktikum atau eksperimen di laboratorium sesuai dengan modul praktikum. Pertama, asisten laboratorium akan menyampaikan ide utama dari praktikum atau eksperimen. Setelah itu, siswa melakukan praktikum. | |
---|
Modalitas Pembelajaran | Slide, beamer, papan tulis, internet, latihan, komputer | |
---|
Jenis Nilai | ABCDE |
---|
Metode Penilaian | UTS : 30%
UAS : 30%
Presentasi, Kuis, PR : 10%
Praktikum : 30% | |
---|
Catatan Tambahan | | |
---|