Kode Mata KuliahTG3114 / 3 SKS
Penyelenggara123 - Teknik Geofisika / FTTM
KategoriKuliah
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahGeolistrik dan EMGeo-electromagnetism
Bahan Kajian
  1. Sifat kelistrikan (resistivitas dan permitivitas) dan kemagnetan (suseptibilitas) material bumi, kedudukan/peran geolistrik dan EM dalam geofisika, metoda geolistrik DC, konfigurasi elektroda, teknik vertical electrical sounding (VES) dan profiling, model bumi berlapis horisontal (1-D), metoda induced polarization (IP), chargeability dan metal factor, metoda Self-Potential (SP), persamaan Maxwell, persamaan gelombang EM, metoda magnetotellurik (MT), metoda controlled-source audio-frequency magnetotellurics (CSAMT), metoda Transient EM (TEM), metoda Very Low Frequency EM (VLF)
    Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
    1. Mahasiswa diharapkan mampu mendisain dan melakukan survey menggunakan metoda geolistrik dan elektromagnetik, serta melakukan pemodelan dan interpretasi sesuai tujuan survey.
      Metode PembelajaranDosen mengajar mahasiswa di kelas. Akan ada kuis, tugas, atau pekerjaan rumah pop di beberapa kelas. Dosen menyajikan materi kuliah dengan menggunakan media seperti slide di LCD proyektor dan papan tulis.
      Modalitas PembelajaranSlide, beamer, papan tulis, perangkat lunak yang sesuai, komunikasi online, internet, latihan, dll.
      Jenis NilaiABCDE
      Metode PenilaianPresentasi, Kuis, PR
      Catatan Tambahan