Kode Mata KuliahTG3217 / 2 SKS
Penyelenggara123 - Teknik Geofisika / FTTM
KategoriKuliah
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahGeodinamikaGeodynamics
Bahan Kajian
  1. Mata Kuliah Geodinamika berisikan dasar-dasar pemahaman tentang pergerakan lempeng yang meliputi mekanisme penggeraknya.
  2. Memahami mekanisme penggerak yaitu konveksi mantel sebagai driving force untuk proses tektonik di permukaan, heat flow, dan vulkanisme (hot spot).
  3. Memahami proses subduksi, triple junction, graben, sesar transform dan tumbukan antar kontinen / busur kepulauan yang dirangkum dalam Siklus Wilson.
  4. Menjelaskan konsep geodinamika khususnya pada tektonik di Indonesia dan sekitarnya
  1. The Geodynamics course contains the basics of understanding plate movement including the driving mechanism.
  2. Understand the driving mechanism, namely mantle convection as a driving force for tectonic processes on the surface, heat flow, and volcanism (hot spots).
  3. Understand the processes of subduction, triple junctions, grabens, transform faults and collisions between continents / island arcs which are summarized in the Wilson Cycle.
  4. Explains the concept of geodynamics, especially tectonics in Indonesia and its surroundings
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
  1. Mahasiswa menguasai dasar yang baik untuk studi lanjut tentang aspek yang terkait dengan dinamika lempeng bumi.
  2. Mahasiswa bisa menjelaskan siklus Wilson dalam kaitannya dengan proses dinamika lempeng bumi
  3. Mahasiswa bisa menjelaskan gaya penggerak dalam pergerakan lempeng bumi
  4. Mahasiswa bisa menjelaskan proses tektonik di Indonesia dan kaitannya dengan potensi sumber daya alam, mitigasi bencana dan bidang keteknikan
  1. Students master a good basis for further study of aspects related to the dynamics of the earth's plates.
  2. Students can explain the Wilson cycle in relation to the dynamic processes of the earth's plates
  3. Students can explain the driving force in the movement of the earth's plates
  4. Students can explain tectonic processes in Indonesia and their relationship to natural resource potential, disaster mitigation and engineering
Metode PembelajaranKuliah kelas Dosen mengajar mahasiswa di kelas. Akan ada kuis, tugas, atau pekerjaan rumah pop di beberapa kelas. Dosen menyajikan materi kuliah dengan menggunakan media seperti slide di LCD proyektor dan papan tulis. Presentasi Mahasiswa mempresentasikan materi kursus di depan kelas menggunakan slide di LCD proyektor, dilanjutkan dengan sesi diskusi. Setelah presentasi, mereka membuat laporan apa yang mereka sajikan sebelumnya. Sesi tutorial Dosen memberikan beberapa masalah kepada mahasiswa sebelumnya. Di kelas siswa menjelaskan bagaimana memecahkan masalah dalam kelompok. Dosen memeriksa bagaimana mereka memecahkan masalah secara bergantian. Proyek kelas dan diskusi Dosen memberikan mahasiswa sebuah proyek yang berkaitan dengan isu-isu terkini dan materi kuliah. Pengawasan dan konsultasi Kegiatan ini merupakan kelanjutan dari proyek kelas. Siswa berkonsultasi dengan masalah yang mereka hadapi dan berdiskusi bersama bagaimana memecahkan masalah.Class lecture Lecturer teaches students in class. There will be quizzes, assignments, or pop homework in some classes. Lecturers present lecture material using media such as slides on LCD projectors and whiteboards. Presentation Students present course material in front of the class using slides on an LCD projector, followed by a discussion session. After the presentation, they make a report on what they presented previously. Tutorial session The lecturer gave several problems to the students beforehand. In class students explain how to solve problems in groups. The lecturer checks how they solve the problem in turn. Class projects and discussions Lecturers give students a project related to current issues and lecture material. Supervision and consultation This activity is a continuation of the class project. Students consult with the problems they face and discuss together how to solve the problems.
Modalitas PembelajaranSlide, beamer, papan tulis, perangkat lunak yang sesuai, komunikasi online, internet, latihan, dll.Slides, beamers, whiteboards, appropriate software, online communication, internet, practice, etc.
Jenis NilaiABCDE
Metode PenilaianUTS 35%, UAS 35%, Presentation final project 30%Mid test 35%, Final test 35%, Presentation final project 30%
Catatan Tambahan