Kode Mata KuliahBM3112 / 2 SKS
Penyelenggara104 - Mikrobiologi / SITH
KategoriKuliah
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahInteraksi Tumbuhan MikrobaInteraction of Plant and Microbe
Bahan Kajian
  1. Tentang biologi, genetik dan fisiologi dari contoh terbaik interaksi tumbuhan mikroba, baik yang bersifat positif (simbiosis) maupun negatif (patogenisitas), baik dari segi sains maupun aplikasinya pada masyarakat.
  2. Topik simbiosis meliputi mekanisme pengenalan dan pensinyalan antara mikroba yang melakukan fiksasi nitrogen (bebas maupun rhizobium) dan mikoriza (ekto, endo, dan lainnya) dengan tanaman inang.
  3. Patogenisitas lebih difokuskan pada proses dan mekanisme pathogenesis, siklus penyakit, serta genetika dan fisiologi dari pertahanan tumbuhan.
    Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
    1. Mahasiswa mampu menjelaskan proses fisiologi dan seluler/molekuler yang mendasari interaksi mikroba dengan tanaman. (CPL 04)
    2. Mahasiswa mampu membedakan berbagai jenis interaksi tanaman dengan mikroba. (CPL 05)
    3. Mahasiswa memahami tentang faktor-faktor utama yang mendasari interaksi tanaman-mikroba dan pentingnya hubungan simbiosis tanaman-mikroba dalam kehidupan tanaman. (CPL 05)
    4. Mahasiswa mampu memahami tentang prinsip-prinsip patogenesis tanaman dan mekanisme respons pertahanan yang mengarah pada kelangsungan hidup tanaman. (CPL 05)
    5. Mahasiswan mampu menggambarkan hubungan antara biologi hubungan tanaman-mikroba dan dampak dari hubungan ini pada tanaman dan masyarakat manusia. (CPL 08)
    6. Mahasiswa mampu menganalisis dan memprediksi secara objektif hasil dari berbagai studi kasus dalam interaksi mikroba tanaman. (CPL 12)
      Metode PembelajaranProses belajar dalam kelas, Tutorial, Kerja Kelompok, Studi Kasus
      Modalitas PembelajaranVisual, Auditorial, Kinestetik; Luring Sinkron, Bauran/Daring Asinkron
      Jenis NilaiABCDE
      Metode PenilaianUTS (35%), UAS (35%), Tugas Mandiri (10%), Tugas Kelompok (10%), Presentasi (10%)
      Catatan Tambahan