Kode Mata KuliahBT6122 / 3 SKS
Penyelenggara211 - Bioteknologi / SITH
KategoriKuliah
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahBioteknologi Ketahanan TumbuhanPlant Resistance Biotechnology
Bahan Kajian
  1. Mekanisme berbagai respon tanaman saat menghadapi cekaman biotik maupun abiotik
  2. Respon secara morfologi dan fisiologis akan didiskusikan sebagai tahap deteksi awal
  3. Perubahan pada level biokimia dan molekuler juga akan dibahas dengan menitik beratkan pada perubahan proses pensinyalan, regulasi transkripsi dan translasi
  4. Aplikasi metode bioteknologi terkini akan didiskusikan untuk menganalisis dampak positif dan negatif terhadap tanaman itu sendiri dan lingkungan
  1. Mechanisms of various plant responses to biotic and abiotic stresses
  2. Morphological and physiological responses will be discussed as the initial detection stage.
  3. Changes at the biochemical and molecular levels will also be discussed, with an emphasis on changes in signaling processes and transcriptional and translational regulation.
  4. Applications of current biotechnology methods will be discussed to analyze the positive and negative impacts on the plant itself and the environment.
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
  1. Mampu mendeskripsikan berbagai jenis cekaman beserta respon tanaman.
  2. Mampu menjelaskan mekanisme fisiologi, seluler, dan molekuler pada saat cekaman.
  3. Mampu menjabarkan metode yang dapat digunakan dalam menganalisis cekaman tanaman.
  4. Mampu mengintegrasikan pengetahuan dari level molekuler hingga organisme terkait cekaman pada tanaman.
  5. Mampu mencari informasi relevan dan menganalisis studi kasus terkini dari publikasi saintifik terkait cekaman tanaman dan bioteknologi.
  6. Mampu berkomunikasi ilmiah dan oral secara tertulis pada bahasan cekaman tanaman dan bioteknologi.
  1. Able to describe various types of stress and plant responses.
  2. Able to explain physiological, cellular and molecular mechanisms during stress.
  3. Able to describe methods that can be used in analyzing plant stress.
  4. Able to integrate knowledge from molecular to organismal level related to plant stress.
  5. Able to find relevant information and analyze current case studies from scientific publications related to plant stress and biotechnology.
  6. Able to communicate scientifically and orally in writing on the topic of plant stress and biotechnology.
Metode PembelajaranProses belajar dalam kelas, Penugasan terstruktur, Kegiatan mandiriAn in-class learning process, Structured assignments, Independent activities
Modalitas PembelajaranModa penyerapan: Visual, Auditorial Moda Pelaksanaan: Sinkronous, AsinkronousModes of absorption: Visual, Auditorial Modes of Execution: Synchronous, Asynchronous
Jenis NilaiABCDE
Metode Penilaian[UTS,UAS, TUGAS tertulis dan lisan]
Catatan Tambahan