| Kode Mata Kuliah | BT6122 / 3 SKS |
|---|
| Penyelenggara | 211 - Bioteknologi / SITH |
|---|
| Kategori | Kuliah |
|---|
| Bahasa Indonesia | English |
|---|
| Nama Mata Kuliah | Bioteknologi Ketahanan Tumbuhan | Plant Resistance Biotechnology |
|---|
| Bahan Kajian | - Mekanisme berbagai respon tanaman saat menghadapi cekaman biotik maupun abiotik
- Respon secara morfologi dan fisiologis akan didiskusikan sebagai tahap deteksi awal
- Perubahan pada level biokimia dan molekuler juga akan dibahas dengan menitik beratkan pada perubahan proses pensinyalan, regulasi transkripsi dan translasi
- Aplikasi metode bioteknologi terkini akan didiskusikan untuk menganalisis dampak positif dan negatif terhadap tanaman itu sendiri dan lingkungan
| - Mechanisms of various plant responses to biotic and abiotic stresses
- Morphological and physiological responses will be discussed as the initial detection stage.
- Changes at the biochemical and molecular levels will also be discussed, with an emphasis on changes in signaling processes and transcriptional and translational regulation.
- Applications of current biotechnology methods will be discussed to analyze the positive and negative impacts on the plant itself and the environment.
|
|---|
| Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Mampu mendeskripsikan berbagai jenis cekaman beserta respon tanaman.
- Mampu menjelaskan mekanisme fisiologi, seluler, dan molekuler pada saat cekaman.
- Mampu menjabarkan metode yang dapat digunakan dalam menganalisis cekaman tanaman.
- Mampu mengintegrasikan pengetahuan dari level molekuler hingga organisme terkait cekaman pada tanaman.
- Mampu mencari informasi relevan dan menganalisis studi kasus terkini dari publikasi saintifik terkait cekaman tanaman dan bioteknologi.
- Mampu berkomunikasi ilmiah dan oral secara tertulis pada bahasan cekaman tanaman dan bioteknologi.
| - Able to describe various types of stress and plant responses.
- Able to explain physiological, cellular and molecular mechanisms during stress.
- Able to describe methods that can be used in analyzing plant stress.
- Able to integrate knowledge from molecular to organismal level related to plant stress.
- Able to find relevant information and analyze current case studies from scientific publications related to plant stress and biotechnology.
- Able to communicate scientifically and orally in writing on the topic of plant stress and biotechnology.
|
|---|
| Metode Pembelajaran | Proses belajar dalam kelas, Penugasan terstruktur, Kegiatan mandiri | An in-class learning process, Structured assignments, Independent activities |
|---|
| Modalitas Pembelajaran | Moda penyerapan: Visual, Auditorial
Moda Pelaksanaan: Sinkronous, Asinkronous | Modes of absorption: Visual, Auditorial
Modes of Execution: Synchronous, Asynchronous |
|---|
| Jenis Nilai | ABCDE |
|---|
| Metode Penilaian | [UTS,UAS, TUGAS tertulis dan lisan] | |
|---|
| Catatan Tambahan | | |
|---|