Kode Mata KuliahBI6093 / 2 SKS
Penyelenggara206 - Biologi / SITH
KategoriTugas Akhir / Tesis / Disertasi
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahPenulisan TesisThesis Writing
Bahan Kajian
  1. Riset magister dilaporkan dalam bentuk tesis
  2. Format tesis magister yang standar meliputi abstak, pendahuluan, studi pustaka, bahan & metoda, hasil, pembahasan, kesimpulan, dan daftar pustaka
  3. Evaluasi tesis
  1. Master's research is reported in the form of a thesis
  2. The standard master's thesis format includes abstract, introduction, literature study, materials & methods, results, discussion, conclusion, and bibliography
  3. Thesis evaluation
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
  1. Integrasi Pengetahuan: Mahasiswa mampu mengintegrasikan pengetahuan dari disiplin biologi dengan disiplin lain seperti teknologi, sosial, dan ekonomi untuk menciptakan solusi yang inovatif.
  2. Penerapan Metode Ilmiah: Mahasiswa dapat menerapkan metode ilmiah secara sistematis dalam penyelidikan dan analisis fenomena biologi.
  3. Desain Eksperimen: Mahasiswa memiliki kemampuan untuk merancang eksperimen biologi yang valid dan reliable, termasuk pemilihan sampel, kontrol, dan variabel.
  4. Analisis Kuantitatif: Mahasiswa mampu melakukan analisis data kuantitatif dengan menggunakan metode statistik yang tepat untuk menginterpretasi hasil eksperimen.
  5. Pemecahan Masalah Kompleks: Mahasiswa dapat menggunakan pendekatan saintifik untuk mengidentifikasi, menganalisis, dan menyelesaikan masalah biologi yang kompleks.
  6. Kemampuan Interpretasi Data: Mahasiswa mampu menginterpretasi data dari eksperimen atau studi kasus dan menarik kesimpulan yang didukung oleh bukti.
  7. Penerapan Teknologi dalam Penelitian: Mahasiswa mampu memanfaatkan teknologi terkini untuk mengumpulkan data, mengolahnya, dan menyajikan temuan secara efektif.
  8. Kemampuan Komunikasi Tulis: Mahasiswa mampu menulis laporan, makalah, dan dokumen lain dengan struktur yang baik dan gaya bahasa yang tepat untuk menyampaikan informasi secara efektif kepada audiens yang dituju.
  9. Diseminasi Pengetahuan: Mahasiswa mampu mendiseminasikan hasil studi atau penelitian kepada masyarakat luas melalui berbagai media, termasuk publikasi ilmiah, seminar, atau media sosial.
  1. Knowledge Integration: Students are able to integrate knowledge from the discipline of biology with other disciplines such as technology, social, and economic to create innovative solutions.
  2. Application of Scientific Method: Students can apply the scientific method systematically in the investigation and analysis of biological phenomena.
  3. Experiment Design: Students have the ability to design valid and reliable biological experiments, including sample selection, controls, and variables.
  4. Quantitative Analysis: Students are able to perform quantitative data analysis using appropriate statistical methods to interpret experimental results.
  5. Complex Problem Solving: Students can use a scientific approach to identify, analyze, and solve complex biological problems.
  6. Data Interpretation Skills: Students are able to interpret data from experiments or case studies and draw conclusions supported by evidence.
  7. Application of Technology in Research: Students are able to utilize the latest technology to collect data, process it, and present findings effectively.
  8. Written Communication Skills: Students are able to write reports, papers, and other documents with good structure and appropriate language style to convey information effectively to the intended audience.
  9. Knowledge Dissemination: Students are able to disseminate the results of studies or research to the wider community through various media, including scientific publications, seminars, or social media.
Metode PembelajaranKegiatan mandiriIndependent activities
Modalitas PembelajaranModa penyerapan: Visual Moda Pelaksanaan: AsinkronousAbsorption mode: Visual Execution Mode: Asynchronous
Jenis NilaiABCDE
Metode PenilaianEvaluasis tesis (pembimbing 50% dan evaluator 50%). Dilakukan secara terpadu untuk menilai: 1. Aspek pengetahuan melalui laporan tertulis 2. Aspek keterampilan melalui penilaian peforma penulisan 3. Aspek sikap melalui keaktifan, kejujuran/plagiarisme, dan kreativitasEvaluate thesis (50% supervisor and 50% evaluator). Carried out in an integrated manner to assess: 1. Knowledge aspect through written reports 2. Skills aspect through writing performance assessment 3. Attitude aspects through activeness, honesty/plagiarism, and creativity
Catatan Tambahan