Kode Mata Kuliah | GD5108 / 3 SKS |
---|
Penyelenggara | 251 - Teknik Geodesi dan Geomatika / FITB |
---|
Kategori | Kuliah |
---|
| Bahasa Indonesia | English |
---|
Nama Mata Kuliah | Statistik Spasial | Spatial Statistics |
---|
Bahan Kajian | - R3 Sistem Informasi Geografis (SIG)
- R5 Pemodelan dan Analisis Data Spasial
- U2 Berpikir kritis, Penyelesaian Masalah, Pengambilan Keputusan
- U3 Literasi data dan analisis
| - R3 Geographic Information System (GIS)
- R5 Spatial Modeling and Data Analysis
- U2 Critical thinking, Problem Solving, Decision Making
- U3 Data literacy and analysis
|
---|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Mampu mengevaluasi berbagai jenis data spasial (geostatistik, areal, proses titik) dan menerapkan bagaimana autokorelasi spasial berperan dalam pemodelan statistik.
- Mampu menerapkan metode yang diperkenalkan dalam perkuliahan untuk menyelidiki autokorelasi spasial dalam kumpulan data contoh yang disediakan sebagai latihan.
- Mampu mengevaluasi metode spasial mana yang akan digunakan dalam penelitian mereka sendiri dan mengimplementasikannya menggunakan perangkat lunak statistik dan sistem informasi geografis.
- Mampu mengevaluasi metode baru dalam literatur statistik spasial berdasarkan pemahaman tentang pendekatan, prinsip, dan asumsi utama statistik spasial dasar.
| - Able to evaluate different types of spatial data (geostatistics, areal, point processes) and apply how spatial autocorrelation plays a role in statistical modeling.
- Able to apply the methods introduced in lecture to investigate spatial autocorrelation in the example data set provided as an exercise.
- Able to evaluate which spatial methods to use in their own research and implement them using statistical software and geographic information systems.
- Able to evaluate new methods in the spatial statistics literature based on an understanding of basic spatial statistics approaches, principles and key assumptions.
|
---|
Metode Pembelajaran | Pembelajaran Berbasis Pengetahuan, Pembelajaran Berbasis Permasalahan | Lecturer Centered Learning (Knowledge Based Learning), Student Centered Learning (Problem Based Learning) |
---|
Modalitas Pembelajaran | Luring, Sinkron | Offline, Synchronous |
---|
Jenis Nilai | ABCDE |
---|
Metode Penilaian | Tertulis (Esai), Lisan (Presentasi), Tugas (Laporan) | Written (Essay), Oral (Presentation), Assignments (Report) |
---|
Catatan Tambahan | | |
---|