Kode Mata Kuliah | KL2105 / 2 SKS |
---|
Penyelenggara | 155 - Teknik Kelautan / FTSL |
---|
Kategori | Kuliah |
---|
| Bahasa Indonesia | English |
---|
Nama Mata Kuliah | Pengetahuan Fisik Laut | Physical Oceanography |
---|
Bahan Kajian | - Dimensi, Bentuk, dan Dasar Laut
- Besaran Fisik dari Air Laut
- Distribusi Karakteristik Air Laut
- Kekekalan Massa Air Laut dan Salinitas
- Geostrophic Flow
- Arus Laut akibat Angin
- Sirkulasi Thermohaline
- Gelombang Laut
- Pasang Surut
- Estuari dan Pantai
| - Dimensions, Shape and Seafloor
- Physical Properties of Seawater
- Distribution of Seawater Characteristics
- Mass Conservation of Seawater and Salinity
- Geostrophic Flow
- Wind-driven Ocean Currents
- Thermohaline Circulation
- Ocean Waves
- Tides
- Estuaries and Beaches
|
---|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Mampu menjelaskan secara deskriptif lingkup oseanografi fisik, dimensi laut, grafik karakteristik utama air laut, sebaran temperatur, dan salinitas air laut.
- Mampu menjelaskan gaya Coriolis dan aplikasinya dalam sirkulasi laut (arus geostropik) dan masalah rekayasa.
- Mampu menjelaskan pengaruh angin pada sirkuliasi laut (Ekman) dan dampaknya pada upwelling dan lingkungan.
- Mampu menjelaskan prinsip sabuk konveyor dan pengaruhnya pada arus global samudra.
- Mampu menjelaskan secara umum tentang gelombang, pasang surut, pesisir, dan muara pada masalah rekayasa.
| - Able to descriptively explain the scope of physical oceanography, ocean dimensions, graphs of the main characteristics of seawater, temperature distribution, and salinity of seawater.
- Able to explain the Coriolis force and its application in ocean circulation (geostropic currents) and engineering problems.
- Able to explain the influence of wind on ocean circulation (Ekman) and its impact on upwelling and the environment.
- Able to explain the conveyor belt principle and its effect on oceanic global currents.
- Able to explain in general about waves, tides, coasts and estuaries on engineering problems.
|
---|
Metode Pembelajaran | Kuliah dan tutorial | Lectures and tutorials |
---|
Modalitas Pembelajaran | - Dari segi penyerapan: visual dan auditorial.
- Dari segi pelaksanaan: sinkronus. | - In terms of absorption: visual and auditory.
- In terms of execution: synchronous. |
---|
Jenis Nilai | ABCDE |
---|
Metode Penilaian | Diskusi kelas, pekerjaan rumah, makalah dan presentasi tertulis kelompok, makalah yang ditulis secara individual, kuis, ujian tengah semester, dan ujian akhir. | Class discussion, homework, group written paper and presentation, individually written paper, quiz, midterm exam, and final exam. |
---|
Catatan Tambahan | | |
---|