Kode Mata KuliahGD6116 / 2 SKS
Penyelenggara251 - Teknik Geodesi dan Geomatika / FITB
KategoriKuliah
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahPerencanaan dan Pengembangan Lahan serta Wilayah Land and Regional Planning and Development 
Bahan Kajian
  1. R2 Pengindraan Jauh 
  2. R3 Sistem Informasi Geografis 
  3. R5 Pemodelan dan Analisis Data Spasial 
  4. R6 Pemetaan 
  5. R8 Mitigasi Bencana 
  6. R9 Kadaster 
  7. U1 Komunikasi 
  8. U2 Berpikir kritis, Penyelesaian Masalah, Pengambilan Keputusan 
  9. U3 Literasi data dan analisis 
  10. U4 Kerjasama Tim dan Kepemimpinan 
  11. U5 Sikap professional dan tanggung jawab etik 
  12. U6 Kewarganegaraan, kebijakan publik 
  13. U7 Teknik Penulisan Ilmiah 
  1. R2 Remote Sensing
  2. R3 Geographic Information System (GIS)
  3. R5 Spatial Modeling and Data Analysis
  4. R6 Mapping
  5. R8 Disaster Mitigation
  6. R9 Cadastre
  7. U1 Communication
  8. U2 Critical thinking, Problem Solving, Decision Making
  9. U3 Data literacy and analysis
  10. U4 Teamwork and Leadership
  11. U5 Professional attitude and ethical responsibility
  12. U6 Citizenship, public policy
  13. U7 Scientific Writing Techniques
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
  1. Mampu menjelaskan pemanfaatan informasi geospasial dalam penataan ruang 
  2. Mampu menjelaskan struktur permasalahan yang tidak terdefinisi menggunakan konsep penataan ruang 
  3. Mampu menjelaskan struktur permasalahan yang tidak terdefinisi menggunakan konsep kelembagaan penataan ruang 
  4. Mampu menjelaskan struktur permasalahan yang tidak terdefinisi menggunakan konsep penataan ruang dan pembangunan yang berkelanjutan 
  5. Mampu memecahkan permasalahan yang tidak terdefinisi menggunakan konsep konsolidasi lahan 
  6. Mampu menjelaskan struktur permasalahan yang tidak terdefinisi menggunakan konsep pengawasan penataan ruang 
  1. Able to explain the utilisation of geospatial information in spatial planning
  2. Able to explain the structure of undefined problems using the concept of spatial planning
  3. Able to explain the structure of undefined problems using the concept of spatial planning institutions
  4. Able to explain the structure of undefined problems using the concepts of spatial planning and sustainable development
  5. Able to solve undefined problems using the concept of land consolidation
  6. Able to explain the structure of undefined problems using the concept of spatial planning supervision
Metode PembelajaranPembelajaran Berbasis Pengetahuan, Pembelajaran Berbasis PermasalahanLecturer Centered Learning (Knowledge Based Leaning), Student Centered Learning (Problem-based learning)
Modalitas PembelajaranLuring, SinkronOffline, Synchronous
Jenis NilaiABCDE
Metode PenilaianTertulis (Uraian, Esai), Lisan (Presentasi), Tugas (Laporan)Written (Description, Essay), Oral (Presentation), Assignments (Report)
Catatan Tambahan