Kode Mata KuliahGD5212 / 3 SKS
Penyelenggara251 - Teknik Geodesi dan Geomatika / FITB
KategoriKuliah
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahSistem Penguasaan LahanLand Tenure System 
Bahan Kajian
  1. R9 Kadaster 
  2. U2 Berpikir kritis, Penyelesaian masalah, Pengambilan keputusan 
  3. U3 Literasi data dan analisis 
  4. U6 Kewarganegaraan, kebijakan publik 
  5. U7 Teknik Penulisan Ilmiah 
  1. R9 Cadastre
  2. U2 Critical thinking, Problem Solving, Decision Making
  3. U3 Data literacy and analysis
  4. U6 Citizenship, public policy
  5. U7 Scientific Writing Techniques
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
  1. Mendeskripsikan model kompleks dan baru yang berhubungan dengan model data yang sesuai dengan identifikasi dan konseptualisasi fenomena yang berkaitan dengan geospasial. 
  2. Menyusun model kompleks dan baru yang berhubungan dengan model data yang sesuai dengan identifikasi dan konseptualisasi fenomena yang berkaitan dengan geospasial. 
  3. Mengimplementasikan model kompleks dan baru yang berhubungan dengan model data yang sesuai dengan identifikasi dan konseptualisasi fenomena yang berkaitan dengan geospasial. 
  4. Menjelaskan intervensi dan peran teknologi geospasial. 
  5. Merumuskan/memilih teknologi geospasial. 
  6. Menyelesaikan permasalahan yang ada. 
  7. Merumuskan kebaruan karyanya. 
  8. Menjelaskan kebaruan karyanya. 
  9. Mempublikasikan karya dalam jurnal ilmiah yang sesuai dengan standar akademik (penjaminan dan pengendalian mutu berbasis ilmiah). 
  1. Describe complex and novel models related to data models that correspond to the identification and conceptualisation of geospatial-related phenomena.
  2. Develop new and complex models related to data models that correspond to the identification and conceptualisation of geospatial phenomena.
  3. Implement complex and novel models related to data models that correspond to the identification and conceptualisation of geospatial phenomena.
  4. Explain the intervention and role of geospatial technologies.
  5. Formulate/select geospatial technologies.
  6. Solve existing problems.
  7. Formulate the novelty of his/her work.
  8. Explain the novelty of his/her work.
  9. Publish the work in a scientific journal in accordance with academic standards (scientific-based quality assurance and control).
Metode PembelajaranPembelajaran Berbasis Pengetahuan, Pembelajaran Berbasis PermasalahanLecturer Centered Learning (Knowledge Based Leaning), Student Centered Learning (Problem-based learning)
Modalitas PembelajaranLuring, SinkronOffline, Synchronous
Jenis NilaiABCDE
Metode PenilaianTertulis (Uraian, Esai), Lisan (Presentasi), Tugas (Laporan)Written (Description, Essay), Oral (Presentation), Assignments (Report)
Catatan Tambahan