Kode Mata KuliahBI6098 / 2 SKS
Penyelenggara206 - Biologi / SITH
KategoriTugas Akhir / Tesis / Disertasi
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahPenulisan Laporan AkhirFinal Report Writing
Bahan Kajian
  1. Penulisan laporan studi kasus
  2. Metode saintifik
  3. Ruang lingkup dan metode riset/studi kasus biologi
  1. Writing case study reports
  2. Scientific method
  3. Scope and methods of biological research/case studies
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
  1. Pemahaman Konsep Teoritis: Mahasiswa dapat menjelaskan konsep dan teori biologi terkait fokus studinya dengan detail dan akurat.
  2. Penerapan Konsep dalam Penelitian: Mahasiswa mampu menerapkan teori dan konsep biologi dalam merancang serta dalam menganalisis hasil penelitian tersebut.
  3. Penggunaan Perangkat Lunak Spesialis: Mahasiswa memanfaatkan perangkat lunak khusus untuk analisis biologi dan data secara efektif dan efisien.
  4. Kemampuan Analisis Data: Mahasiswa memiliki kemampuan untuk mengumpulkan, mengolah, dan menganalisis data menggunakan metode statistik dan komputasi yang relevan dengan bidang biologi.
  5. Literasi Digital: Mahasiswa dapat menggunakan alat digital dan sumber daya online untuk mengakses, mengelola, dan menyajikan informasi biologi secara efektif.
  6. Pengambilan Keputusan Berbasis Data: Mahasiswa mampu mengambil keputusan yang informasinya didukung oleh analisis data ilmiah yang solid.
  7. Proaktif dalam Belajar dan Inovasi: Mampu menunjukkan inisiatif proaktif dalam belajar dan bereksperimen dengan ide-ide dan teknologi baru dalam bidang biologi.
  1. Understanding of Theoretical Concepts: Students can explain biological concepts and theories related to their focus of study in detail and accurately.
  2. Application of Concepts in Research: Students are able to apply biological theories and concepts in designing and analyzing the results of the research.
  3. Use of Specialist Software: Students utilize specialized software for biological and data analysis effectively and efficiently.
  4. Data Analysis Skills: Students have the ability to collect, process, and analyze data using statistical and computational methods relevant to the field of biology.
  5. Digital Literacy: Students can use digital tools and online resources to effectively access, manage and present biological information.
  6. Data Driven Decision Making: Students are able to make informed decisions supported by solid scientific data analysis.
  7. Proactive in Learning and Innovation:Able to show proactive initiative in learning and experimenting with new ideas and technologies in the field of biology.
Metode PembelajaranKegiatan mandiriIndependent activity
Modalitas PembelajaranModa penyerapan: Visual Moda pelaksanaan : AsinkronousAbsorption modes: Visual Mode of implementation: Asynchronous
Jenis NilaiABCDE
Metode PenilaianStandar nilai huruf dan nilai indeks sesuai ketentuan akademik ITB (Sistem A, AB, B, BC, C, D, E). Dilakukan secara terpadu untuk menilai: 1. Aspek pengetahuan melalui laporan tertulis 2. Aspek keterampilan melalui penilaian peforma penulisan 3. Aspek sikap melalui keaktifan, kejujuran/plagiarisme, dan kreativitasStandard letter grades and index grades according to ITB academic regulations (System A, AB, B, BC, C, D, E). Carried out in an integrated manner to assess: 1. Knowledge aspect through written reports 2. Skills aspect through writing performance assessment 3. Attitude aspects through activeness, honesty/plagiarism, and creativity
Catatan Tambahan