Kode Mata Kuliah | SA3105 / 3 SKS |
---|
Penyelenggara | 158 - Teknik dan Pengelolaan Sumber Daya Air / FTSL |
---|
Kategori | Kuliah |
---|
| Bahasa Indonesia | English |
---|
Nama Mata Kuliah | Rekayasa Drainase | Drainage Engineering |
---|
Bahan Kajian | - R1 Konservasi SDA
- R3 Daya Rusak Air
- R5 Manajemen Konstruksi SDA
- R8 Desain
- R9 Keberlanjutan
- U1 Komunikasi
- U2 Berpikir kritis, penyelesaian masalah, pengambilan keputusan
- U3 Literasi data dan analisis
- U4 Kerjasama tim dan kepemimpinan
- U5 Pembelajaran Sepanjang Hayat
- U6 Sikap profesional dan tanggung jawab etik
| - R1 Water Resources Conservation
- R3 Destructive Power of Water
- R% Water Resources Construction Management
- R8 Design
- R9 Sustainability
- U1 Communication
- U2 Critical thinking, problem solving, decision making
- U3 Data literacy and analysis
- U4 Teamwork and leadership
- U5 Lifelong Learning
- U6 Professional attitude and ethical responsibility
|
---|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Mengaplikasikan prosedur desain drainase dan pengendalian banjir.
- Menguasai presentasi yang informatif dengan tata bahasa yang baik dan didukung dengan bukti ilmiah.
- Mengaplikasikan etika dan standar profesional dalam memperoleh dan menganalisis data dalam hal perencanaan.
- Berinteraksi secara produktif dengan rekan kerja dalam merencanakan rekayasa drainase dan pengendalian banjir.
- Memahami masalah sosial, budaya, lingkungan, dan ekonomi dalam masalah pengendalian banjir.
| - Applying drainage and flood control design procedures.
- Mastering informative presentations with good grammar and supported by scientific evidence.
- Apply ethics and professional standards in obtaining and analyzing data for planning purposes.
- Interact productively with colleagues in planning drainage engineering and flood control.
- Understanding social, cultural, environmental and economic issues in flood control issues.
|
---|
Metode Pembelajaran | Diskusi Kelompok, Studi Kasus, Pembelajaran Kooperatif, Pembelajaran Berbasis Proyek, Pembelajaran Berbasis Masalah. | Group Discussion, Case Study, Cooperative Learning, Project Based Learning, Problem Based Learning. |
---|
Modalitas Pembelajaran | Luring, Sinkron, Kelompok. | Offline, Synchronous, Group. |
---|
Jenis Nilai | ABCDE |
---|
Metode Penilaian | Kuis 5%
Tugas Biasa 5%
Tugas Besar 50%
UTS 20%
UAS 20% | Quiz 5%
Ordinary Assignment 5%
Major Assignment 50%
Mid-Term Exam 20%
Final Exam 20% |
---|
Catatan Tambahan | | |
---|