Kode Mata KuliahBI5100 / 3 SKS
Penyelenggara206 - Biologi / SITH
KategoriKuliah
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahKonsep Biologi TerintegrasiIntegrated Concept in Biology
Bahan Kajian
  1. Ilmu Biologi
  2. Proses evolusi mendorong keanekaragaman dan kesatuan kehidupan.
  3. Sistem biologis memanfaatkan energi bebas dan blok bangunan molekuler untuk tumbuh, berkembang biak, dan mempertahankan homeostasis yang dinamis: Mempertahankan dinamika dan keseimbangan
  4. Sistem kehidupan menyimpan, mengambil, mengirimkan, dan merespons informasi yang penting bagi proses kehidupan: sinyal dan respons. → pola dan produk perubahan
  5. Sistem biologis berinteraksi, dan sistem-sistem ini serta interaksinya memiliki sifat-sifat yang kompleks: interaksi dan saling ketergantungan
  1. Science of Biology
  2. The process of evolution drives the diversity and unity of life.
  3. Biological systems utilize free energy and molecular building blocks to grow, to reproduce and to maintain dynamic homeostasis : Maintenance dynamic and equilibrium
  4. Living systems store, retrieve, transmit and respond to information essential to life processes: signaling and response. → pattern and product of change
  5. Biological systems interact, and these systems and their interactions possess complex properties : interaction and interdependence
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
  1. Pemahaman Konsep Teoritis: Mahasiswa dapat menjelaskan konsep dan teori biologi terkait fokus studinya dengan detail dan akurat.
  2. Integrasi Pengetahuan: Mahasiswa mampu mengintegrasikan pengetahuan dari disiplin biologi dengan disiplin lain seperti teknologi, sosial, dan ekonomi untuk menciptakan solusi yang inovatif.
  3. Kepekaan terhadap Isu Keanekaragaman Hayati: mampu menunjukkan pentingnya keanekaragaman hayati dalam keberlanjutan kehidupan dan berusaha komitmen terhadap konservasi dan restorasinya.
  4. Responsif terhadap Tren Baru: mampu untuk cepat menanggapi dan mengintegrasikan tren baru dalam ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya yang terkait dengan fokus studinya.
  1. Understanding of Theoretical Concepts: Students can explain biological concepts and theories related to their focus of study in detail and accurately.
  2. Knowledge Integration: Students are able to integrate knowledge from the discipline of biology with other disciplines such as technology, social, and economic to create innovative solutions.
  3. Sensitivity to Biodiversity Issues: able to demonstrate the importance of biodiversity in the sustainability of life and strive for commitment to its conservation and restoration.
  4. Responsive to New Trends: able to quickly respond to and integrate new trends in science and technology specifically related to the focus of his/her studies.
Metode PembelajaranBy Research: Proses belajar dalam kelas; Tugas terstruktur mandiri/kelompok; Kegiatan mandiri kelompok By Thesis: Bersifat terstruktur dan terfasilitasi (Web Enhanced). Pembelajaran berbasis teknologi jejaring, digunakan untuk memperkuat fasilitasi pembelajaran tatap muka. Contoh: penggunaan webpage untuk meletakkan RPS, materi, dan tugas. By Case Study: Bersifat mandiri, terstruktur, dan bauran (Blend). Kombinasi pembelajaran daring dan tatap mukaIn-class learning process; Independent/group structured assignments; Independent group activities
Modalitas PembelajaranMenggabungkan berbagai moda penyerapan: 1. Visual melalui penyediaan slide dengan visualisasi, gambar, diagram, dsb. 2. Auditorial melalui penyampaian materi, tanya jawab, dan diskusi 3. Kinestetik melalui partisipasi aktif di dalam kelas berupa presentasi dan diskusi Moda pelaksanaan : Sinkron dan AsinkronCombines different modes of absorption: 1. Visual through the provision of slides with visualizations, pictures, diagrams, etc. 2. Auditorial through material delivery, question and answer, and discussion. 3. Kinesthetic through active participation in class in the form of presentations and discussions. Mode of implementation: Synchronous and Asynchronous
Jenis NilaiABCDE
Metode PenilaianStandar nilai huruf dan nilai indeks sesuai ketentuan akademik ITB (Sistem A, AB, B, BC, C, D, E). Dilakukan secara terpadu untuk menilai: 1. Aspek pengetahuan melalui tes tulis berupa kuis, UTS, UAS, dan tugas mandiri/kelompok 2. Aspek keterampilan melalui presentasi (rubrik) 3. Aspek sikap melalui keaktifan, kejujuran/plagiarisme, dan kreativitasStandard letter grades and index grades according to ITB academic regulations (System A, AB, B, BC, C, D, E). Conducted in an integrated manner to assess: 1. Knowledge aspects through written tests in the form of quizzes, midterms, final exams, and independent/group assignments. 2. Skill aspect through presentation (rubric) 3. Attitude aspect through activeness, honesty/plagiarism, and creativity.
Catatan Tambahan