| Kode Mata Kuliah | AS6212 / 3 SKS |
|---|
| Penyelenggara | 203 - Astronomi / FMIPA |
|---|
| Kategori | Kuliah |
|---|
| Bahasa Indonesia | English |
|---|
| Nama Mata Kuliah | Bintang Ganda | Binary Stars |
|---|
| Bahan Kajian | - Kinematika dan dinamika Bintang Ganda: Parameter orbit, persamaan lingkaran dan elips.
- Fisis Bintang Ganda : Light travel effect, Kurva Cahaya, Kurva kecepatan radial.
- Bintang Ganda Visual dan Bintang Ganda Astrometri.
- Bintang Ganda Spektroskopi dan Bintang Ganda Gerhana.
- Evolusi Bintang Ganda Dekat: Lingkup Roche, Hantaran Massa dan selubung bersama.
- Bintang Ganda Dekat dengan komponenen normal.
- Bintang Ganda Dekat dengan komponen terdegenerasi.
| - Kinematics and dynamics of binary Stars: Orbital parameters, circular and elliptic equations.
- Physics of binary stars: Light travel effect, light curve, radial velocity curve
- Visual and astrometric binary stars
- Spectroscopic and eclipsing binary stars
- Evolution of close binary stars: Roche lobe, mass transfer, common envelope
- Close binary with normal component
- Close binary with degenerate component
|
|---|
| Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Mahasiswa memahami pentingnya mempelajari bintang ganda.
- Mahasiswa mampu memilih tools yang tepat untuk menganalisis data pengamatan yang diperoleh dari Bintang Ganda.
- Mahasiswa mampu menelaah Bintang Ganda dan menuangkan dalam suatu skema penelitian berbasis pengamatan.
| - Students understand the importance of binary stars study
- Students are able to choose the right tools to analyze observation data obtained from Binary Stars.
- Students are able to study binary stars and put it into an observation-based research scheme.
|
|---|
| Metode Pembelajaran | Ceramah, diskusi, praktek komputasi. | Lecture, discussion, computational practical work |
|---|
| Modalitas Pembelajaran | Sinkron/Luring. | Synchronous |
|---|
| Jenis Nilai | ABCDE |
|---|
| Metode Penilaian | Tugas/UTS/UAS. | Asiignment / mid semester exam / end semester exam |
|---|
| Catatan Tambahan | | |
|---|