Kode Mata Kuliah | BI6101 / 3 SKS |
---|
Penyelenggara | 206 - Biologi / SITH |
---|
Kategori | Kuliah |
---|
| Bahasa Indonesia | English |
---|
Nama Mata Kuliah | Analisis Data dan Penulisan Saintifik | Data Analysis and Scientific Writing |
---|
Bahan Kajian | - Pengantar analisis data dan kepenulisan saintifik
- Metode pengumpulan data (Desain pebnelitian, dan teknik pengumpulan)
- Pengolahan, analisis, dan visualisasi data
- Penulisan karya ilmiah
| - Introduction to data analysis and scientific writing
- Data collection methods (research design and collection techniques)
- Data processing, analysis and visualization
- Writing scientific papers
|
---|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Analisis Kuantitatif: Mahasiswa mampu melakukan analisis data kuantitatif dengan menggunakan metode statistik yang tepat untuk menginterpretasi hasil eksperimen.
- Kemampuan Interpretasi Data: Mahasiswa mampu menginterpretasi data dari eksperimen atau studi kasus dan menarik kesimpulan yang didukung oleh bukti.
- Penerapan Teknologi dalam Penelitian: Mahasiswa mampu memanfaatkan teknologi terkini untuk mengumpulkan data, mengolahnya, dan menyajikan temuan secara efektif.
- Pemikiran Logis: Mahasiswa mampu menggunakan logika dan penalaran yang kuat dalam menguraikan masalah-masalah keilmuan biologi.
- Pemikiran Kritis: Mahasiswa mampu menilai kekuatan dan kelemahan argumen ilmiah, baik dalam karya sendiri maupun orang lain, termasuk evaluasi metodologi, kesimpulan, dan relevansi data.
- Pemikiran Sistematis: Mahasiswa dapat menganalisis dan menyusun komponen atau proses biologi menjadi sebuah sistem yang terorganisir untuk pemahaman yang lebih baik.
- Pemikiran Kreatif: Mahasiswa menunjukkan kemampuan untuk menghasilkan solusi atau gagasan inovatif dalam penelitian atau studi kasus biologi.
- Kemampuan Komunikasi Tulis: Mahasiswa mampu menulis laporan, makalah, dan dokumen lain dengan struktur yang baik dan gaya bahasa yang tepat untuk menyampaikan informasi secara efektif kepada audiens yang dituju.
| - Quantitative Analysis: Students are able to perform quantitative data analysis using appropriate statistical methods to interpret experimental results.
- Data Interpretation Skills: Students are able to interpret data from experiments or case studies and draw conclusions supported by evidence.
- Application of Technology in Research: Students are able to utilize the latest technology to collect data, process it, and present findings effectively.
- Logical Thinking: Students are able to use strong logic and reasoning in deciphering scientific problems in biology.
- Critical Thinking: Students are able to assess the strengths and weaknesses of scientific arguments, both in their own and others' work, including evaluation of methodology, conclusions, and relevance of data.
- Systematic Thinking: Students can analyze and arrange biological components or processes into an organized system for better understanding.
- Creative Thinking: Students demonstrate the ability to generate innovative solutions or ideas in biological research or case studies.
- Written Communication Skills: Students are able to write reports, papers, and other documents with good structure and appropriate language style to convey information effectively to the intended audience.
|
---|
Metode Pembelajaran | Proses belajar dalam kelas/lapangan; Tugas terstruktur mandiri/kelompok; Kegiatan mandiri kelompok | Learning process in the classroom/field; Independent/group structured assignments; Group independent activities |
---|
Modalitas Pembelajaran | Menggabungkan berbagai moda penyerapan:
1. Visual melalui penyediaan slide dengan visualisasi, gambar, diagram, dsb.
2. Auditorial melalui penyampaian materi, tanya jawab, dan diskusi
3. Kinestetik melalui percobaan mandiri dan partisipasi dalam simulasi
Daya pelaksanaan : Sinkron dan Asinkron | Combining different absorption modes:
1. Visual by providing slides with visualizations, images, diagrams, etc.
2. Auditorial through delivery of material, questions and answers, and discussions
3. Kinesthetic through self-experimentation and participation in simulations
Implementation capacity: Synchronous and Asynchronous |
---|
Jenis Nilai | ABCDE |
---|
Metode Penilaian | Standar nilai huruf dan nilai indeks sesuai ketentuan akademik ITB (Sistem A, AB, B, BC, C, D, E). Dilakukan secara terpadu untuk menilai aspek pengetahuan melalui tes tulis berupa kuis, UAS, maupun pembuatan karya tulis. | Standard letter grades and index grades according to ITB academic regulations (System A, AB, B, BC, C, D, E). Carried out in an integrated manner to assess aspects of knowledge through written tests in the form of quizzes, UAS, and writing work. |
---|
Catatan Tambahan | | |
---|