Kode Mata Kuliah | KL3200 / 3 SKS |
---|
Penyelenggara | 155 - Teknik Kelautan / FTSL |
---|
Kategori | Kuliah |
---|
| Bahasa Indonesia | English |
---|
Nama Mata Kuliah | Proses Pantai | Costal Processes |
---|
Bahan Kajian | - Pengetahuan lingkungan pantai
- Hidrodinamika pantai
- Material pantai
- Laju aliran
- Transpor sedimen
- Perubahan dan pengendalian garis pantai
| - Coastal environment knowledge
- Coastal hydrodynamics
- Coastal materials
- Flow rate
- Sediment transport
- Coastal change and control
|
---|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Mampu mengidentifikasi dan merumuskan konsep penggunaan pantai pada masalah rekayasa kelautan.
- Mampu merumuskan dan mengkategorikan klasifikasi morfologi lingkungan pantai pada masalah rekayasa kelautan.
- Mampu menganalisis dan mengitung pasang surut sebagai faktor lingkungan yang peru dipertimbangkan dampaknya dalam solusi rekayasa.
- Mampu menganalisis data dan menerapkan perhitungan pada wave hindcasting sebagai faktor lingkungan yang perlu dipertimbangkan dampaknya dalam solusi rekayasa.
- Mampu melakukan analisis perhitungan gelombang yang dihasilkan arus sebagai faktor lingkungan yang perlu dipertimbangkan dampaknya dalam solusi rekayasa.
- Mampu menganalisis, menjelaskan, dan mengilustrasikan fenomena rip curents yang terjadi di pantai sebagai faktor lingkungan yang perlu dipertimbangkan dampaknya dalam solusi rekayasa.
- Mampu menjelaskan konsep longshore curents dan dapat menganalisis datanya sebagai faktor lingkungan yang perli dipertimbangkan dampakna dalam solusi rekayasa.
- Mampu menganalisis konsep dan data hidrolika sungai, proses sejajar dan tegak lurus pantai sebagai faktor lingkungan yang perlu dipertimbangkan dampaknya dalam solusi rekayasa.
- Mampu menganalisis data dan mengaplikasikan pemodelan transport sedimen budget sebagai faktor lingkungan yang perlu dipertimbangkan dampaknya dalam solusi rekayasa
- Mampu menganalisis data dan perhitungan berdasarkan konsep neraca sedimen dalam analisis perubahan garis pantai sebagai faktor lingkungan yang perlu dipertimbangkan dampaknya dalam solusi rekayasa.
- Mampu menjelaskan, menganalisis data serta mengaplikasikan teori proses pantai yang berkaitan dengan transformasi gelombang dan perubahan garis pantai, serta pengendalian garis pantai di lapangan menggunakan perangkat lunak sebagai faktor lingkungan yang perlu dipertimbangkan dampaknya dalam solusi rekayasa.
| - Able to identify and formulate the concepts of coastal use in marine engineering problems.
- Able to formulate and categorize the classification of coastal environment morphology in marine engineering problems.
- Able to analyze and calculate tides as an environmental factor that needs to be considered in engineering solutions.
- Able to analyze data and apply calculations in wave hindcasting as an environmental factor that needs to be considered in engineering solutions.
- Able to conduct wave calculations generated by currents as an environmental factor that needs to be considered in engineering solutions.
- Able to analyze, explain, and illustrate rip current phenomena occurring on the coast as an environmental factor that needs to be considered in engineering solutions.
- Able to explain the concept of longshore currents and analyze the data as an environmental factor that needs to be considered in engineering solutions.
- Able to analyze river hydraulics concepts and data, parallel and perpendicular coastal processes as environmental factors that need to be considered in engineering solutions.
- Able to analyze data and apply sediment transport budget modeling as an environmental factor that needs to be considered in engineering solutions.
- Able to analyze data and calculations based on sediment balance concepts in shoreline change analysis as an environmental factor that needs to be considered in engineering solutions.
- Able to explain, analyze data, and apply coastal process theories related to wave transformation and shoreline changes, as well as coastal control in the field using software as an environmental factor that needs to be considered in engineering solutions.
|
---|
Metode Pembelajaran | Kuliah | Lecture |
---|
Modalitas Pembelajaran | Dari segi penyerapan: visual dan auditorial.
Dari segi pelaksanaan: sinkronus. | In terms of absorption: visual and auditory.
In terms of implementation: synchronous. |
---|
Jenis Nilai | ABCDE |
---|
Metode Penilaian | Tugas, Kuis, Ujian Tengah Semester (UTS), Ujian Akhir Semester (UAS), Diskusi Kelas, dan Presentasi | Assignments, Quizzes, Midterm Exam (UTS), Final Exam (UAS), Class Discussions, and Presentations |
---|
Catatan Tambahan | | |
---|