Kode Mata KuliahBI6102 / 3 SKS
Penyelenggara206 - Biologi / SITH
KategoriKuliah
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahTeknik Komunikasi dan PresentasiCommunication and Presentation Techniques
Bahan Kajian
  1. Pengantar komunikasi verbal dan nonverbal
  2. Teknik Presentasi
  3. Komunikasi interpersonal (negosiasi, persuasi, pemberian umpan balik)
  4. Etika dalam komunikasi dan presentasi
  1. Introduction to verbal and nonverbal communication
  2. Presentation Techniques
  3. Interpersonal communication (negotiation, persuasion, giving feedback)
  4. Ethics in communication and presentation
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
  1. Kemampuan Interpretasi Data: Mahasiswa mampu menginterpretasi data dari eksperimen atau studi kasus dan menarik kesimpulan yang didukung oleh bukti.
  2. Pemikiran Logis: Mahasiswa mampu menggunakan logika dan penalaran yang kuat dalam menguraikan masalah-masalah keilmuan biologi.
  3. Pemikiran Kritis: Mahasiswa mampu menilai kekuatan dan kelemahan argumen ilmiah, baik dalam karya sendiri maupun orang lain, termasuk evaluasi metodologi, kesimpulan, dan relevansi data.
  4. Pemikiran Sistematis: Mahasiswa dapat menganalisis dan menyusun komponen atau proses biologi menjadi sebuah sistem yang terorganisir untuk pemahaman yang lebih baik.
  5. Pemikiran Kreatif: Mahasiswa menunjukkan kemampuan untuk menghasilkan solusi atau gagasan inovatif dalam penelitian atau studi kasus biologi.
  6. Komunikasi Lisan: Mahasiswa mampu menyampaikan ide dan informasi dengan jelas dan efektif dalam berbagai konteks, termasuk presentasi dan diskusi dengan menggunakan alat bantu visual dan teknologi presentasi secara efektif.
  7. Diseminasi Pengetahuan: Mahasiswa mampu mendiseminasikan hasil studi atau penelitian kepada masyarakat luas melalui berbagai media, termasuk publikasi ilmiah, seminar, atau media sosial.
  1. Data Interpretation Skills:Students are able to interpret data from experiments or case studies and draw conclusions supported by evidence.
  2. Logical Thinking:Students are able to use strong logic and reasoning in deciphering scientific problems in biology.
  3. Critical Thinking:Students are able to assess the strengths and weaknesses of scientific arguments, both in their own and others' work, including evaluation of methodology, conclusions, and relevance of data.
  4. Systematic Thinking:Students can analyze and arrange biological components or processes into an organized system for better understanding.
  5. Creative Thinking:Students demonstrate the ability to generate innovative solutions or ideas in biological research or case studies.
  6. Oral Communication: Students are able to convey ideas and information clearly and effectively in various contexts, including presentations and discussions using visual aids and presentation technology effectively.
  7. Knowledge Dissemination: Students are able to disseminate the results of studies or research to the wider community through various media, including scientific publications, seminars, or social media.
Metode PembelajaranBersifat mandiri, terstruktur, dan bauran (Blend). Kombinasi pembelajaran daring dan tatap muka. Proses belajar dalam kelas/lapangan; Tugas terstruktur mandiri/kelompok; Kegiatan mandiri kelompok.Independent, structured and mixed (Blend). Combination of online and face-to-face learning. Learning process in the classroom/field; Independent/group structured assignments; Group independent activities.
Modalitas PembelajaranMenggabungkan berbagai moda penyerapan: 1. Visual melalui penyediaan slide dengan visualisasi, gambar, diagram, dsb. 2. Auditorial melalui penyampaian materi, tanya jawab, dan diskusi 3. Kinestetik melalui partisipasi aktif di dalam kelas berupa presentasi dan diskusi Daya pelaksanaan : Sinkron dan AsinkronCombining different absorption modes: 1. Visual by providing slides with visualizations, images, diagrams, etc. 2. Auditorial through delivery of material, questions and answers, and discussions 3. Kinesthetic through active participation in class in the form of presentations and discussions Implementation capacity: Synchronous and Asynchronous
Jenis NilaiABCDE
Metode PenilaianStandar nilai huruf dan nilai indeks sesuai ketentuan akademik ITB (Sistem A, AB, B, BC, C, D, E). Dilakukan secara terpadu untuk menilai: 1. Aspek pengetahuan melalui tes tulis berupa kuis, UTS, UAS, dan tugas mandiri/kelompok. 2. Aspek keterampilan melalui presentasi (rubrik) 3. Aspek sikap melalui keaktifan, kejujuran/plagiarisme, dan kreativitasStandard letter grades and index grades according to ITB academic regulations (System A, AB, B, BC, C, D, E). Carried out in an integrated manner to assess: 1. Knowledge aspects through written tests in the form of quizzes, UTS, UAS, and independent/group assignments. 2. Skills aspect through presentation (rubric) 3. Attitude aspects through activeness, honesty/plagiarism, and creativity
Catatan Tambahan