Kode Mata Kuliah | BI5113 / 2 SKS |
---|
Penyelenggara | 206 - Biologi / SITH |
---|
Kategori | Kuliah |
---|
| Bahasa Indonesia | English |
---|
Nama Mata Kuliah | Fisiologi Hewan Lanjut | Advanced Animal Physiology |
---|
Bahan Kajian | - Pendahuluan tentang Fisiologi Hewan Lanjut dan Konsep Homeostasis
- Neurofisiologi
- Studi Kasus pada Neurofisiologi
- Endokrinologi
- Simulasi Regulasi Hormonal
- Fisiologi Kardiovaskuler
- Fisiologi Respirasi
- Fisiologi Gastrointestinal
- Fisiologi Ginjal
- Studi Kasus pada Ginjal dan Gastrointestinal
- Fisiologi Integratif dan Komparatif
| - Introduction to Advanced Animal Physiology and the Concept of Homeostasis
- Neurophysiology
- Case Study on Neurophysiology
- Endocrinology
- Simulation of Hormonal Regulation
- Cardiovascular Physiology
- Respiratory Physiology
- Gastrointestinal Physiologists
- Kidney Physiology
- Renal and Gastrointestinal Case Studies
- Integrative and Comparative Physiology
|
---|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Mahasiswa mampu mendemonstrasikan pemahaman tingkat lanjut mengenai proses dan mekanisme fisiologis dalam berbagai sistem hewan, termasuk neurofisiologi, endokrinologi, kardiovaskular, pernapasan, ginjal, gastrointestinal, dan fisiologi komparatif.
- Mahasiswa mampu mengintegrasikan pengetahuan dari berbagai bidang fisiologi untuk memahami bagaimana berbagai sistem berinteraksi dan mempertahankan homeostasis pada hewan.
- Mahasiswa mampu menerapkan pemahaman terpadu ini untuk menjelaskan adaptasi fisiologis di berbagai lingkungan dan spesies.
- Mahasiswa mampu mengintegrasikan pengetahuan dari disiplin biologi dengan disiplin lain seperti teknologi, sosial, dan ekonomi untuk menciptakan solusi yang inovatif.
- Kemampuan Komunikasi Lisan: Mahasiswa mampu menyampaikan ide dan informasi
dengan jelas dan efektif dalam berbagai konteks, termasuk presentasi dan diskusi dengan
menggunakan alat bantu visual dan teknologi presentasi secara efektif.
- Kemampuan Komunikasi Tulis: Mahasiswa mampu menulis laporan, makalah, dan dokumen lain dengan struktur yang baik dan gaya bahasa yang tepat untuk menyampaikan informasi secara efektif kepada audiens yang dituju.
- Responsif terhadap Tren Baru: mampu untuk cepat menanggapi dan mengintegrasikan tren baru dalam ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya yang terkait dengan focus studinya.
| - Students are able to demonstrate an advanced understanding of physiological processes and mechanisms in various animal systems, including neurophysiology, endocrinology, cardiovascular, respiratory, renal, gastrointestinal, and comparative physiology.
- Students are able to integrate knowledge from various fields of physiology to understand how various systems interact and maintain homeostasis in animals.
- Students are able to apply this integrated understanding to explain physiological adaptations in various environments and species.
- Students are able to integrate knowledge from the discipline of biology with other disciplines such as technology, social, and economics to create innovative solutions.
- Oral Communication Skills: Students are able to convey ideas and information
- Written Communication Skills: Students are able to write reports, papers, and other documents with good structure and appropriate language style to convey information effectively to the intended audience.
- Responsive to New Trends: able to quickly respond to and integrate new trends in science and technology, especially those related to the focus of study.
|
---|
Metode Pembelajaran | Proses belajar dalam kelas/lapangan; Tugas terstruktur mandiri/kelompok; Kegiatan mandiri kelompok | Classroom/field learning process; Independent/group structured assignments; Group independent activities |
---|
Modalitas Pembelajaran | Daya penyerapan: Visual; Auditorial; Kinestetik
Daya pelaksanaan : Sinkron dan Asinkron | Absorption power: Visual; Auditorial; Kinesthetic
Implementation power: Synchronous and Asynchronous |
---|
Jenis Nilai | ABCDE |
---|
Metode Penilaian | Standar nilai huruf dan nilai indeks sesuai ketentuan akademik ITB. (Sistem A, AB, B, BC, C, D, E). Dilakukan secara terpadu untuk menilai:
1. Aspek pengetahuan melalui tes tulis berupa kuis, UTS, UAS, dan tugas mandiri/kelompok.
2. Aspek keterampilan melalui presentasi (rubrik)
3. Aspek sikap melalui keaktifan, kejujuran/plagiarisme, dan kreativitas | Standard letter grades and index grades according to ITB academic regulations. (System A, AB, B, BC, C, D, E). Conducted in an integrated manner to assess:
1. Knowledge aspect through written tests in the form of quizzes, midterms, final exams, and independent/group assignments.
2. Skill aspect through presentation (rubric)
3. Attitude aspect through activeness, honesty/plagiarism, and creativity |
---|
Catatan Tambahan | | |
---|