Kode Mata KuliahBI5115 / 2 SKS
Penyelenggara206 - Biologi / SITH
KategoriKuliah
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahFisiologi dan Perkembangan TumbuhanPlant Physiology and Development
Bahan Kajian
  1. Air - fungsi mineral dan translokasi: manfaat dan stres
  2. Rasio Transpirasi dan Efisiensi Penggunaan Air, aplikasi: tanaman anti-Tran spirant
  3. Fotosintesis: faktor-faktor yang memengaruhi mekanisme dan penerapannya
  4. Mekanisme Pengangkutan Floem dan Distribusi Fotoasimilat: Alokasi dan Partisi
  5. Konsep dan Hubungan antara Respirasi dan Metabolisme
  6. Sinyal Abiotik dan Biotik, Reseptor, dan Transduksi Sinyal: manfaat dan stres
  7. Konsep dan Hubungan antara Metabolisme, Sinyal, dan Pertumbuhan dan Perkembangan Tanaman
  8. Implikasi Pertanian dari Fisiologi dan Perkembangan Tanaman: Peran Hormon Tanaman; Fotoperiodisme, Vernalisasi dan Dormansi; Perkembangan Reproduksi, Produktivitas dan Pelestarian Produk; Metabolit Sekunder Tanaman (Produk Alami); Rekayasa Genetika Tanaman untuk Mengembangkan Tanaman dengan Toleransi yang Lebih Tinggi terhadap Stres; Biofortifikasi untuk Memilih dan Mengembangkan Kultivar Tanaman yang Lebih Kaya akan Unsur Hara Mikro; Rekayasa Enzim Pendegradasi Dinding Sel pada Tanaman yang Sedang Tumbuh untuk Menghadirkan Teknologi Bioetanol yang Hemat Biaya
  9. Terobosan dalam Fisiologi dan Pengembangan Tanaman
  1. Water - mineral function and its translocation: benefit and stress
  2. Transpiration Ratio and Water Use Efficiency, application: plant anti-Tran spirant
  3. Photosynthesis: factors affecting its mechanism and application
  4. Mechanism of Phloem Transport and Photoassimilate Distribution: Allocation and Partitioning
  5. Concept and Connection between Respiration and Metabolism
  6. Abiotic and Biotic Signal, Receptor, and Signal Transduction: benefit and stress
  7. Concept and Connection between Metabolism, Signaling and Plant Growth and Development
  8. Agricultural Implications of Plant Physiology and Development: Role of Plant Hormones; Photoperiodism, Vernalization and Dormancy; Reproductive Development, productivity and product Preservation; Plant Secondary Metabolites (Natural Products); Genetic Engineering of Crops to Develop Crops with Increased Tolerance to Stress; Biofortification for Selecting and Developing Crop Cultivars Denser in Micronutrients; Engineering Cell Wall-degrading Enzymes into Growing Plants to Deliver Cost-effective Bioethanol Technology
  9. Breakthroughs in Plant Physiology and Development
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
  1. Pemahaman Konsep Teoritis: Mahasiswa dapat menjelaskan konsep dan teori biologi terkait fokus studinya dengan detail dan akurat.
  2. Literasi Digital: Mahasiswa dapat menggunakan alat digital dan sumber daya online untuk mengakses, mengelola, dan menyajikan informasi biologi secara efektif.
  3. Pemikiran Logis: Mahasiswa mampu menggunakan logika dan penalaran yang kuat dalam menguraikan masalah-masalah keilmuan biologi.
  4. Pemikiran Kritis: Mahasiswa mampu menilai kekuatan dan kelemahan argumen ilmiah, baik dalam karya sendiri maupun orang lain, termasuk evaluasi metodologi, kesimpulan, dan relevansi data.
  5. Pemikiran Sistematis: Mahasiswa dapat menganalisis dan menyusun komponen atau proses biologi menjadi sebuah sistem yang terorganisir untuk pemahaman yang lebih baik.
  6. Pemikiran Kreatif: Mahasiswa menunjukkan kemampuan untuk menghasilkan solusi atau gagasan inovatif dalam penelitian atau studi kasus biologi.
  7. Kemampuan Komunikasi Lisan: Mahasiswa mampu menyampaikan ide dan informasi dengan jelas dan efektif dalam berbagai konteks, termasuk presentasi dan diskusi dengan menggunakan alat bantu visual dan teknologi presentasi secara efektif.
  8. Kemampuan Komunikasi Tulis: Mahasiswa mampu menulis laporan, makalah, dan dokumen lain dengan struktur yang baik dan gaya bahasa yang tepat untuk menyampaikan informasi secara efektif kepada audiens yang dituju.
  9. Integritas Akademis dan praktik ilmiah: Mampu menunjukkan standar tinggi terhadap integritas dalam semua aspek penelitian, termasuk kejujuran dalam pengumpulan dan pelaporan data.
  1. Understanding of Theoretical Concepts: Students can explain biological concepts and theories related to their focus of study in detail and accurately.
  2. Digital Literacy:Students can use digital tools and online resources to effectively access, manage and present biological information.
  3. Logical Thinking:Students are able to use strong logic and reasoning in deciphering scientific problems in biology.
  4. Critical Thinking:Students are able to assess the strengths and weaknesses of scientific arguments, both in their own and others' work, including evaluation of methodology, conclusions, and relevance of data.
  5. Systematic Thinking:Students can analyze and arrange biological components or processes into an organized system for better understanding.
  6. Creative Thinking:Students demonstrate the ability to generate innovative solutions or ideas in biological research or case studies.
  7. Oral Communication Skills:Students are able to convey ideas and information clearly and effectively in a variety of contexts, including presentations and discussions using visual aids and presentation technology effectively.
  8. Written Communication Skills:Students are able to write reports, papers, and other documents with good structure and appropriate language style to convey information effectively to the intended audience.
  9. Academic Integrity and scientific practice:Able to demonstrate high standards of integrity in all aspects of research, including honesty in data collection and reporting.
Metode PembelajaranProses belajar dalam kelas; Tugas terstruktur mandiri/kelompok; Kegiatan mandiri kelompokIn-class learning process; Independent/group structured assignments; Independent group activities
Modalitas PembelajaranModa penyerapan: Visual; Auditorial; Kinestetik Moda pelaksanaan : Sinkron dan AsinkronAbsorption modes: Visual; Auditorial; Kinesthetic Mode of implementation: Synchronous and Asynchronous
Jenis NilaiABCDE
Metode PenilaianStandar nilai huruf dan nilai indeks sesuai ketentuan akademik ITB (Sistem A, AB, B, BC, C, D, E). Dilakukan secara terpadu untuk menilai: - Aspek pengetahuan melalui tes tulis berupa kuis, UTS, UAS, dan tugas mandiri/kelompok. - Aspek keterampilan melalui presentasi (rubrik) - Aspek sikap melalui keaktifan, kejujuran/plagiarisme, dan kreativitasStandard letter grades and index grades according to ITB academic regulations (System A, AB, B, BC, C, D, E). Performed in an integrated manner to assess: - Knowledge aspects through written tests in the form of quizzes, midterms, final exams, and independent/group assignments. - Skill aspect through presentation (rubric) - Attitude aspect through activeness, honesty/plagiarism, and creativity
Catatan Tambahan