Kode Mata Kuliah | KL5025 / 4 SKS |
---|
Penyelenggara | 255 - Teknik Kelautan / FTSL |
---|
Kategori | Kuliah |
---|
| Bahasa Indonesia | English |
---|
Nama Mata Kuliah | Perencanaan Pengembangan Infrastruktur Kepalabuhanan | Port Infrastructure Development Planning |
---|
Bahan Kajian | - Manajemen Proyek dan Infrastruktur
- Transportasi dan Logistik Laut
| - Project and Infrastructure Management
- Maritime Transportation and Logistics
|
---|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Mampu memaparkan mengenai prosedur perencanaan Pelabuhan sesuai dengan standard yang berlaku.
- Mampu mejelaskan organisasi, stake holders dan otoritas kepelabuhan sertea pemangku kebijakan dalam pengembangan kepelabuhanan.
- Mampu menjelaskan mengenai batasan pengembangan kepelabuhanan berdasarkan hierarki kepelabuhanan.
- Mampu menghitung BOR, SOR dan YOR berdasarkan data infrastrukur kepelabuhanan.
- Mampu menentukan perubahan moda transportasi dari general cargo ke petikemas, bulk cargo ke petikemas.
- Mampu melakukan analisa dan perencanaan pentahapan pengembangan kepelabuhanan mulai dari jangka pendek, menengah dan jangka panjang berdasarkan proyeksi demand.
- Mampu melakukan perencanaan untuk back up area atau lini 2 dari infrastruktur kepelabuhanan.
| - Capable of explaining the procedures for port planning in accordance with applicable standards.
- Capable of describing the organization, stakeholders, port authorities, and policymakers involved in port development.
- Capable of outlining the limitations of port development based on port hierarchy.
- Capable of calculating BOR, SOR, and YOR based on port infrastructure data.
- Capable of determining the shift in transportation modes from general cargo to containerized cargo, and from bulk cargo to containerized cargo.
- Capable of analyzing and planning the stages of port development from short-term, medium-term, to long-term based on demand projections.
- Capable of planning for backup areas or secondary lines of port infrastructure.
|
---|
Metode Pembelajaran | Pembelajaran Berbasis Pengetahuan, Pembelajaran Berbasis Keterampilan, Pembelajaran Berbasis Masalah, Pembelajaran Berbasis Kasus | Knowledge based learning, Skill Based Learning, Problem Based Learning, Case-Based Learning |
---|
Modalitas Pembelajaran | Luring / Daring / Bauran
Sinkronus | Offline / Online / Mixed / Synchronous |
---|
Jenis Nilai | ABCDE |
---|
Metode Penilaian | Tugas, Ujian | Assignment, Exam |
---|
Catatan Tambahan | | |
---|