Kode Mata KuliahKL5025 / 4 SKS
Penyelenggara255 - Teknik Kelautan / FTSL
KategoriKuliah
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahPerencanaan Pengembangan Infrastruktur KepalabuhananPort Infrastructure Development Planning
Bahan Kajian
  1. Manajemen Proyek dan Infrastruktur
  2. Transportasi dan Logistik Laut
  1. Project and Infrastructure Management
  2. Maritime Transportation and Logistics
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
  1. Mampu memaparkan mengenai prosedur perencanaan Pelabuhan sesuai dengan standard yang berlaku.
  2. Mampu mejelaskan organisasi, stake holders dan otoritas kepelabuhan sertea pemangku kebijakan dalam pengembangan kepelabuhanan.
  3. Mampu menjelaskan mengenai batasan pengembangan kepelabuhanan berdasarkan hierarki kepelabuhanan.
  4. Mampu menghitung BOR, SOR dan YOR berdasarkan data infrastrukur kepelabuhanan.
  5. Mampu menentukan perubahan moda transportasi dari general cargo ke petikemas, bulk cargo ke petikemas.
  6. Mampu melakukan analisa dan perencanaan pentahapan pengembangan kepelabuhanan mulai dari jangka pendek, menengah dan jangka panjang berdasarkan proyeksi demand.
  7. Mampu melakukan perencanaan untuk back up area atau lini 2 dari infrastruktur kepelabuhanan.
  1. Capable of explaining the procedures for port planning in accordance with applicable standards.
  2. Capable of describing the organization, stakeholders, port authorities, and policymakers involved in port development.
  3. Capable of outlining the limitations of port development based on port hierarchy.
  4. Capable of calculating BOR, SOR, and YOR based on port infrastructure data.
  5. Capable of determining the shift in transportation modes from general cargo to containerized cargo, and from bulk cargo to containerized cargo.
  6. Capable of analyzing and planning the stages of port development from short-term, medium-term, to long-term based on demand projections.
  7. Capable of planning for backup areas or secondary lines of port infrastructure.
Metode PembelajaranPembelajaran Berbasis Pengetahuan, Pembelajaran Berbasis Keterampilan, Pembelajaran Berbasis Masalah, Pembelajaran Berbasis KasusKnowledge based learning, Skill Based Learning, Problem Based Learning, Case-Based Learning
Modalitas PembelajaranLuring / Daring / Bauran SinkronusOffline / Online / Mixed / Synchronous
Jenis NilaiABCDE
Metode PenilaianTugas, UjianAssignment, Exam
Catatan Tambahan