Kode Mata Kuliah | SR2227 / 3 SKS |
---|
Penyelenggara | 170 - Seni Rupa / FSRD |
---|
Kategori | Kuliah |
---|
| Bahasa Indonesia | English |
---|
Nama Mata Kuliah | Fotografi Seni | Art Photography |
---|
Bahan Kajian | - Memahami segitiga exposure dan temperature dalam fotografi
- Photography as contemporary art
- Genre fotografi dalam seni rupa kontemporer
- Fotografi sebagai medium berkarya seni
- Merancang, membuat, dan memaparkan karya seni fotografi
| - Understanding the exposure triangle and temperature in photography
- Photography as contemporary art
- Photography genres in contemporary art
- Photography as a medium for creating art
- Design, create, and display photographic works of art
|
---|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Memahami bahasa dan konsep dasar seni rupa dalam ranah fotografi seni.
- Menciptakan karya berdasarkan pengetahuan fotografi seni.
- Memahami fotografi secara multi perspektif dan interdisiplin.
- Mengonsepsikan persoalan media fotografi serta berbagai hubungannya dengan fenomena sosial
- Membangun diskusi kritis melalui proyek seni yang berbasis fotografi
- Menciptakan karya seni berbasis fotografi dan mampu mempresentasikannya dengan jelas.
| - Understand the language and basic concepts of fine art in the realm of art photography.
- Creating works based on knowledge of art photography.
- Understand photography from a multi-perspective and interdisciplinary perspective.
- Conceptualize photography media issues and their various relationships with social phenomena
- Develop critical discussions through photography-based art projects
- Create photography-based artworks and be able to present them clearly.
|
---|
Metode Pembelajaran | 1. Ceramah
2. Active learning (diskusi, memecahkan soal bersama, dll.)
3. Simulasi
4. Demonstrasi
5. Studi kasus
6. Studi lapangan
7. Pembelajaran kolaboratif: Kasus berasal dari dosen dan bersifat open ended, tetapi pembentukan kelompok yang didasarkan pada minat, prosedur kerja kelompok, penentuan waktu dan tempat diskusi/kerja kelompok, sampai dengan bagaimana hasil diskusi/kerja kelompok ingin dinilai oleh dosen, semuanya ditentukan melalui konsensus bersama antar anggota kelompok
8. Pembelajaran kooperatif: metode belajar berkelompok yang dirancang oleh dosen untuk memecahkan suatu masalah/kasus atau mengerjakan suatu tugas
9. Pembelajaran berbasis projek: metode belajar yang sistematis, yang melibatkan mahasiswa dalam belajar pengetahuan dan keterampilan melalui proses pencarian/penggalian (inquiry) yang panjang dan terstruktur terhadap pertanyaan yang otentik dan kompleks serta tugas dan produk yang dirancang dengan sangat hati-hati.
10. Pembelajaran berbasis masalah: belajar dengan memanfaatkan masalah dan mahasiswa harus melakukan pencarian/penggalian informasi (inquiry) untuk dapat memecahkan masalah tersebut. | 1. Lecture
2. Active learning (discussions, solving problems together, etc.)
3. Simulation
4. Demonstration
5. Case study
6. Field studies
7. Collaborative learning: Cases come from the lecturer and are open ended, but the formation of groups based on interests, group work procedures, determining the time and place of discussion/group work, up to how the results of the discussion/group work are to be assessed by the lecturer, are all determined through mutual consensus among group members
8. Cooperative learning: a group learning method designed by the lecturer to solve a problem/case or carry out an assignment
9. Project-based learning: a systematic learning method, which involves students in learning knowledge and skills through a long and structured search/inquiry process towards authentic and complex questions as well as very carefully designed assignments and products.
10. Problem-based learning: learning by utilizing problems and students must search/excavate information (inquiry) to be able to solve the problem. |
---|
Modalitas Pembelajaran | Tatap muka / Daring / Bauran
Sinkron / Asinkron
Individu / Kelompok
Mandiri / Terbimbing | Face to face / Online / Hybrid
Synchronous / Asynchronous
Individual / Group
Independent / Guided |
---|
Jenis Nilai | ABCDE |
---|
Metode Penilaian | Absensi 10%, Tugas 30&, UTS 20%, UAS 40%
Konversi Nilai:
100-90="A"
89-80="AB"
79-70="B"
69-60-="BC"
59-40-="C"
39-10="D"
0-9="E" | Attendance 10%, Assignments 30&, UTS 20%, UAS 40%
Grade Conversion:
100-90="A"
89-80="AB"
79-70="B"
69-60-="BC"
59-40-="C"
39-10="D"
0-9="E" |
---|
Catatan Tambahan | | |
---|