| Kode Mata Kuliah | SR5107 / 3 SKS |
|---|
| Penyelenggara | 270 - Seni Rupa / FSRD |
|---|
| Kategori | Kuliah |
|---|
| Bahasa Indonesia | English |
|---|
| Nama Mata Kuliah | Semiotika Visual: Tanda, Pemikiran dan Budaya | Visual Semiotics: Signs, Thought and Culture |
|---|
| Bahan Kajian | - Semiotika
- Semiologi: Model Saussurean (Semiotika Struktural)
- Semiotika: Model Peircean (Semiotika Komunikasi)
- Mitos dan Ideologi: Model Barthes
- Semiotika dan Disiplin Lainnya
|
|
|---|
| Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Mampu menjelaskan semiotika sebagai sebuah disiplin serta mempraktekkan dan menafsirkan kosakata konseptual semiotika dan jenis-jenis tanda.
- Mampu mengkritik karya-karya visual dengan teori dan metoda semiotika.
- Mampu berkomunikasi secara efektif dalam presentasi secara lisan, tulisan, dan sikap.
- Mampu menyusun dan mempresentasikan laporan tugas akademik sesuai dengan kaidah.
- Mampu menunjukkan etika akademik.
- Mampu menyusun laporan akademik sesuai kaidah.
|
|
|---|
| Metode Pembelajaran | Ceramah
Active learning (diskusi, memecahkan soal bersama, memberikan umpan balik). | |
|---|
| Modalitas Pembelajaran | Tatap muka: pembelajaran berlangsung terutama secara luring tatap muka (Face-to-Face) secara terjadwal di lokasi kampus.
Asinkron: Pemanfaatan LMS Edunex (daring, asinkronik) yang memfasilitasi penyampaian dan pengelolaan konten. LMS digunakan untuk mengelola materi, penilaian dan tugas, dan melacak kemajuan mahasiswa.
Individu: Tugas dan Ujian (UTS dan UAS) diberikan sebagai tugas perorangan (individu). Mandiri | |
|---|
| Jenis Nilai | ABCDE |
|---|
| Metode Penilaian | Metode penilaian yang digunakan adalah pengerjaan tugas dan Ujian dalam bentuk penulisan makalah perorangan. Metode ini efektif untuk mengukur pemahaman mahasiswa terhadap materi kuliah, keterampilan berpikir analitis, serta kemampuan mengekspresikan ide secara lisan dan tulisan.
Komponen Penilaian:
(1) Kehadiran 10%;
(2) Tugas Individu (20%); (3) UTS (Makalah) 30%, dan (4) UAS (Makalah) 40%. | |
|---|
| Catatan Tambahan | | |
|---|