| Kode Mata Kuliah | SR5208 / 3 SKS |
|---|
| Penyelenggara | 270 - Seni Rupa / FSRD |
|---|
| Kategori | Kuliah |
|---|
| Bahasa Indonesia | English |
|---|
| Nama Mata Kuliah | Bahasa Rupa | Visual Language |
|---|
| Bahan Kajian | - Bahasa Rupa sebagai Teori Membaca Gambar Primadi Tabrani
- Bahasa Rupa dan Wawasan Nusantara
- Bahasa Rupa dan Ragam Bahasa
- Bahasa Rupa dan Ruang Waktu datar (RWD)
- Bahasa Rupa dan NPM (Naturalisme Perspektif Moment- Opname)
- Bahasa Rupa sebagai Media Komunikasi
- Bahasa Rupa Makna Denotasi
- Bahasa Rupa dan Makna Konotasi
- Bahasa Rupa dan Narasi Visual
- Bahasa Rupa dan Psikologi
- Bahasa Rupa dan Metafora
- Bahasa Rupa dan Teknologi
|
|
|---|
| Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Mahasiswa mampu menafsirkan modern dalam budaya rupa /visual rentang waktu masa rentang sampai dengan waktu kini pra-modern, modern dan post-modern dalam Kebudayaan
- Mahasiswa mampu memahami Bahasa Rupa selalu terkait teori-teori modern dalam budaya rupa /visual masa kini dalam ism dan kebudayaan
- Mahasiswa mampu mengkritik karya seni melalui pendekatan bahsa rupa.
- Mahasiswa mampu memperjelas cara berkomunikasi yang efektif dalam presentasi secara lisan, tulisan dan sikap serta mempresentasikan laporan tugas akademik sesuai dengan kaidah
- Mahasiswa menunjukan etika akademik
- Mahasiswa mampu mempertajam amatan terhadap isu-isu iklusifitas
- Mahasiswa mampu mempertajam amatan terhadap isu-isu lingkungan ekologi dan lingkungan hidup
- Mahasiswa mampu menunjukan keinginann belajar terus menerus
|
|
|---|
| Metode Pembelajaran | Metode yang dipergunakan pada mata kuliah ini adalah
Ceramah
collaborative learning antar Mahasiswa
Pembelajaran aktif melakukan diskusi dalam menanggapi berbagai macam masalah yang terkait seni, Filsafat dan Kebudayaan .
Memadukan antara metode ceramah, metode tanya jawab, metode diskusi, | |
|---|
| Modalitas Pembelajaran | Tatap Muka : pembelajaran langsung saat diskusi dan bimbingan
Asinkron: Pemanfaatan LMS Edunex (daring, asinkronik) yang memfasilitasi penyampaian dan pengelolaan konten. LMS digunakan untuk mengelola materi, penilaian dan tugas, dan melacak kemajuan mahasiswa.
Individu / Kelompok: Tugas dan Ujian (UTS dan UAS) diberikan baik sebagai tugas perorangan (individu) maupun Kelompok.
Mandiri | |
|---|
| Jenis Nilai | ABCDE |
|---|
| Metode Penilaian | Nilai Akhir = 20 % Kuis + 10% Kehadiran + 10% Kerjasama+ 30% UTS (berupa analisis teks) + 30% UAS (refleksi praktik seni masing-masing dikaitkan dengan SRK)
UTS berupa ujian tertulis bersifat perorangan dan take home test berupa analisis pada karya seni yang terkait Bahasa Rupa , Seni Rupa pra modern, modern dan masa kini.lalu dipresentasikan.
UAS berupa essay perorangan dan take home test. Ujian Akhir Semester berupa analisi reflektif pada karya seni yang dikritik melalui pendekatan Bahasa rupa menjadi sebuah artikel ilmiah yang direncanakan untuk submit pada Jurnal atau prosiding seminar. | |
|---|
| Catatan Tambahan | | |
|---|