| Kode Mata Kuliah | SR5213 / 3 SKS |
|---|
| Penyelenggara | 270 - Seni Rupa / FSRD |
|---|
| Kategori | Kuliah |
|---|
| Bahasa Indonesia | English |
|---|
| Nama Mata Kuliah | Kajian Gender | Gender Studies |
|---|
| Bahan Kajian | | |
|---|
| Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Mampu menjelaskan dan menafsirkan estetika modern dan postmodern.
- Mampu mengkritik karya seni atau pemikiran mengenai seni.
- Mampu berkomunikasi secara efektif dalam presentasi secara lisan, tulisan, dan sikap.
- Mampu menyusun dan mempresentasikan laporan tugas akademik sesuai dengan kaidah.
- Mampu menunjukkan etika akademik.
- Mampu menyusun laporan akademik sesuai kaidah.
- Mampu memecahkan masalah dalam tim dan bekerja sama secara efektif.
|
|
|---|
| Metode Pembelajaran | 1. Ceramah
2. Active learning (diskusi, memecahkan soal bersama, memberikan umpan balik).
3. Collaborative Learning: Kasus terkait teori intersekti antara seni, ilmu dna teknologi. | |
|---|
| Modalitas Pembelajaran | - Tatap muka: pembelajaran berlangsung terutama secara luring tatap muka (Face-to-Face) secara terjadwal di lokasi kampus.
- Asinkron: Pemanfaatan LMS Edunex (daring, asinkronik) yang memfasilitasi penyampaian dan pengelolaan konten. LMS digunakan untuk mengelola materi, penilaian dan tugas, dan melacak kemajuan mahasiswa.
- Individu / Kelompok: Tugas dan Ujian (UTS dan UAS) diberikan baik sebagai tugas perorangan (individu) maupun Kelompok.
- Mandiri | |
|---|
| Jenis Nilai | ABCDE |
|---|
| Metode Penilaian | Metode penilaian yang digunakan adalah pengerjaan tugas dan Ujian dalam bentuk penulisan makalah dan presentasi, baik perorangan (UTS) maupun kelompok (UAS). Metode ini efektif untuk mengukur pemahaman mahasiswa terhadap materi kuliah, keterampilan berpikir analitis, kemampuan mengekspresikan ide secara lisan dan Tulisa, serta kemampuan bekerja sama secara efektif dalam tim.
Komponen Penilaian:
(1) Kehadiran 10%;
(2) Tugas Kelompok (20%);
(3) UTS (Makalah Perorangan) 30%, dan
(4) UAS (Presentasi Kelompok) 40%. | |
|---|
| Catatan Tambahan | | |
|---|