Kode Mata KuliahBW3207 / 2 SKS
Penyelenggara115 - Rekayasa Kehutanan / SITH
KategoriKuliah
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahHama dan Penyakit HutanForest Pests and Diseases
Bahan Kajian
  1. Perkembangan dan status bidang perlindungan hutan terhadap hama dan penyakit dan implementasinya dalam kegiatan pengelolaan hutan.
  2. Hama hutan terkait tentang semua organisme hidup termasuk didalamnya serangga hama yang berpotensi merugikan tanaman secara ekonomis dan mempengaruhi produktivitas tanaman hutan.
  3. Penyakit hutan terkait tentang penyebab penyakit karena faktor biotik, penyebab penyakit karena faktor abiotik, konsep timbulnya penyakit, dan faktor – faktor lingkungan yang berpengaruh terhadap kehadiran penyakit.
  4. Teknik pengendalian hama dan penyakit hutan baik secara fisik, mekanik, kimia, silvikultur maupun biologi.
  5. Pemantauan Kesehatan Pohon
  1. Development and status of forest protection against pests and diseases and its implementation in forest management activities.
  2. Forest pests involve all living organisms, including pest insects, which have the potential to economically harm plants and affect forest plant productivity.
  3. Forest diseases relate to disease causes due to biotic factors, disease causes due to abiotic factors, the concept of disease emergence, and environmental factors influencing disease presence.
  4. Techniques for controlling forest pests and diseases through physical, mechanical, chemical, silvicultural, and biological methods.
  5. Tree Health Monitoring
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
  1. Mampu merencanakan rancangan eksperimen laboratorium dan/atau lapangan untuk memecahkan permasalahan aspek rekayasa hutan.
  2. Mampu mengidentifikasi dan merumuskan permasalahan dan tujuan yang ingin dicapai pada aspek rekayasa hutan dengan menggunakan metode yang sesuai.
  3. Mampu memilih metode yang tepat yang digunakan dalam praktik rekayasa kehutanan.
  1. Able to plan laboratory and/or field experiment designs to solve problems in forest engineering aspects.
  2. Able to identify and formulate problems and objectives to be achieved in forest engineering aspects using appropriate methods.
  3. Able to select the appropriate methods used in forestry engineering practices.
Metode PembelajaranTatap Muka, Tugas Mandiri, Tugas KelompokFace-to-Face, Independent Assignments, Group Assignments
Modalitas PembelajaranVisual, Auditorial, Sinkron dan AsinkronVisual, Auditory, Synchronous and Asynchronous
Jenis NilaiABCDE
Metode PenilaianUTS 30%, UAS 30%, Tugas mandiri 10%, Tugas Kelompok 10%, Presentasi 10%Midterm Exam 30%, Final Exam 30%, Independent Assignments 10%, Group Assignments 10%, Presentation 10%
Catatan Tambahan