Kode Mata KuliahBW3231 / 2 SKS
Penyelenggara115 - Rekayasa Kehutanan / SITH
KategoriKuliah
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahPerhutanan SosialSocial Forestry
Bahan Kajian
  1. Model-model pengelolaan hutan berbasiskan masyarakat yang mampu mendukung pengelolaan hutan secara berkelanjutan
  2. Perancangan model Perhutanan Sosial berkelanjutan
  1. Community-based forest management models that can support sustainable forest management
  2. Designing a sustainable Social Forestry model
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
  1. Mampu membangun dan mempertahankan kekompakan kelompok melalui komunikasi efektif dan saling menghormati perbedaan adat istiadat dan budaya
  2. Mampu menerapkan prinsip-prinsip keberagaman dan inklusi dalam kolaborasi kelompok untuk mencapai tujuan bersama dalam pengembangan pengelolaan hutan berbasis masyarakat secara berkelanjutan
  3. Mampu bekerja dengan profesionalisme tinggi dalam menyelesaikan permasalahan pengelolaan hutan berbasis masyarakat dengan menggunakan prinsip dan teknik rekayasa kehutanan
  4. Mampu menunjukkan sikap integritas dan tanggung jawab dalam setiap aspek pekerjaan mereka, meliputi kejujuran dalam pelaporan, disiplin dalam mengikuti jadwal, dan tanggung jawab dalam pelaksanaan tugas
  5. Mampu mengidentifikasi dan mengimplementasikan strategi pembelajaran yang sesuai untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan IPTEK dalam konteks pengelolaan hutan berbasis masyarakat, baik melalui pendidikan formal maupun non-formal
  6. Mampu mengembangkan keterampilan IPTEK secara autodidak maupun melalui belajar bersama, guna mendukung pengelolaan hutan berbasis masyarakat secara efektif
  1. Able to build and maintain group cohesiveness through effective communication and mutual respect for differences in customs and cultures
  2. Able to apply the principles of diversity and inclusion in group collaboration to achieve common goals in developing sustainable community-based forest management
  3. Able to work with high professionalism in solving community-based forest management problems using forestry engineering principles and techniques
  4. Able to demonstrate an attitude of integrity and responsibility in every aspect of their work, including honesty in reporting, discipline in following schedules, and responsibility in carrying out tasks
  5. Able to identify and implement appropriate learning strategies to improve understanding and skills in science and technology in the context of community-based forest management, both through formal and non-formal education
  6. Able to develop science and technology skills independently or through collaborative learning to support effective community-based forest management.
Metode PembelajaranTatap Muka, Tugas Mandiri, Tugas KelompokFace to Face, Independent Assignments, Group Assignments
Modalitas PembelajaranVisual, Auditorial, Sinkron, AsinkronVisual, Auditory, Synchronous, Asynchronous
Jenis NilaiABCDE
Metode PenilaianSistem Nilai Huruf (A, AB, B, BC, C, D, E)Letter Grading System (A, AB, B, BC, C, D, E)
Catatan Tambahan