Kode Mata KuliahBW4101 / 2 SKS
Penyelenggara115 - Rekayasa Kehutanan / SITH
KategoriKuliah
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahManajemen Kawasan KonservasiConservation Area Management
Bahan Kajian
  1. Konsep manajemen dan konservasi sumberdaya hayati : konsep manajemen, pengertian kawasan konservasi, sejarah konservasi, katagori dan nilai kawasan konservasi, inventarisasi keragaman hayati
  2. Sistem pengelolaan kawasan konservasi : sistem konservasi kawasan, pengelolaan masyarakat di dalam dan sekitar kawasan konservasi, faktor-faktor dalam pengelolaan kawasan konservasi, kenitraan, kelembagaan, pendanaan kawasan konservasi
  3. Perancangan pengelolaan kawasan konservasi : Desain kawasan konservasi, model-model evaluasi, perancangan kawasan konservasi, rencana pengelolaan kawasan konservasi
  1. Concept of management and conservation of biological resources: management concepts, definition of conservation areas, history of conservastion, catagories and values of conservation areas, inventory of biological diversity
  2. Conservation area management system : area conservation system, community management in and around conservation areas, factors in conservation area management,partnership, institutions, conservation area funding
  3. Conservation area management design : conservation area design, evaluation models, conservation area management plan
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
  1. Mampu merencanakan rancangan eksperimen laboratorium dan/atau lapangan untuk memecahkan permasalahan aspek rekayasa hutan.
  2. Mampu bekerja sama dalam kelompok sesuai dengan tugas dan keahlian yang diberikan dengan penuh kesadaran dan kesungguhan.
  3. Mampu menjaga kekompakan kelompok dengan saling menghormati dan menghargai perbedaan adat istiadat dan budaya.
  1. Able to plan laboratory and/or field experimental design to solve problems in forest engineering aspects
  2. Able to work together in groups according to the task and expertise given with awareness and seriousness
  3. Able to maintain group cohesion by respecting each other and appreciating differences in customs and culture
Metode PembelajaranTatap Muka, Tugas Mandiri, Tugas KelompokClassroom learning, independent task, group task
Modalitas PembelajaranDaya penyerapan: Visual; Auditorial; Kinestetik Daya pelaksanaan : Sinkron dan Asinkron Mandiri: mencari informasi, mengidentifikasi informasi yang penting, mencatat, mengorganisasi, mengelaborasi, meringkas, dan memantau pemahamanAbsorption power: Visual; Auditorial; Kinesthetic Implementation power: Synchronous and Asynchronous Independent: searching for information, identifying important information, taking notes, organizing, elaborating, summarizing, and monitoring understanding
Jenis NilaiABCDE
Metode PenilaianStandar nilai huruf dan nilai indeks sesuai ketentuan akademik ITB (Sistem A, AB, B, BC, C, D, E)Standard letter grades and index grades according to ITB academic regulations (System A, AB, B, BC, C, D, E)
Catatan Tambahan