Kode Mata KuliahAL5200 / 5 SKS
Penyelenggara289 - Arsitektur Lanskap / SAPPK
KategoriKuliah
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahStudio Perencanaan Arsitektur LanskapLandscape Architecture Planning Studio
Bahan Kajian
  1. Prinsip-Prinsip Perencanaan
  2. Penyusunan Dokumen Perancangan dan Perencanaan
  1. Planning Principles
  2. Design and Planning Documents Preparation
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
  1. Mampu menerapkan Prinsip-prinsip Perencanaan dan Perancangan kawasan melalui pendekatan ekologis.
  2. Mampu melaksanakan tahapan-tahapan Proses Perencanaan dan Perancangan secara sistematis, meliputi pemahaman TOR, pelaksanaan survey lapangan dan inventory data, pengkajian hasil survey dan inventory data, perumusan masalah perencanaan terkait prinsip-prinsip berkelanjutan, perumusan konsep perencanaan, dan penyusunan masterplan.
  3. Mampu melakukan kajian spasial dan analisis elemen-elemen lanskap pada tapak dengan tinjauan skala makro, meso dan mikro yang menghasilkan identifikasi potensi dan kendala pada kawasan studi sesuai dengan peraturan-peraturan yang berlaku.
  4. Mampu menyusun program fasilitas dengan mempertimbangkan standar, kriteria dan persyaratan sesuai dengan permasalahan/konteks masing-masing kasus studi.
  5. Mampu menghasilkan konsep perencanaan yang terdiri dari (a) konsep pemintakatan, (b) konsep sirkulasi, (c) konsep penyediaan prasarana, (d) konsep vegetasi/RTH, (e) konsep lain sesuai dengan kebutuhan/persoalan kawasan.
  6. Mampu mengimplementasikan konsep ke dalam masterplan berskala makro dan meso, serta site plan salah satu area terpilih.
  7. Mampu menghasilkan produk masterplan dan site plan dalam format penyajian dan skala gambar disesuaikan dengan kebutuhan dan konteks kawasan masing-masing.
  8. Mampu menyusun dokumen perencanaan dan perancangan arsitektur lanskap sesuai dengan ketentuan dan peraturan yang berlaku di Indonesia.
  9. Mampu melakukan proses komunikasi dengan kelompok kerja dan para stakeholders, misalnya dalam format FGD, secara lisan, tulisan, dan grafis dengan merujuk pada etika akademik dan kaidah-kaidah dalam etika profesi.
  10. Mampu melakukan proses sosialisasi hasil perencanaan, baik secara lisan, tulisan, dan grafis dengan merujuk pada etika akademik dan kaidah-kaidah dalam etika profesi.
  1. Capable to apply the principles of regional planning and design through an ecological approach.
  2. Capable to carry out the stages of the Planning and Design Process systematically, including understanding the Terms of Reference, conducting field surveys and data inventory, reviewing survey results and data inventory, formulating planning problems related to sustainable principles, formulating planning concepts, and preparing master plans.
  3. Capable to conduct spatial studies and analysis of landscape elements on the site with macro, meso and micro scale reviews that result in the identification of potential and constraints in the study area in accordance with applicable regulations.
  4. Capable to develop a facility program by considering standards, criteria and requirements in accordance with the problems/context of each study case.
  5. Capable to produce planning concepts consisting of (a) zoning concept, (b) circulation concept, (c) infrastructure provision concept, (d) vegetation / green space concept, (e) other concepts according to the needs / problems of the area.
  6. Capable to implement concepts into macro and meso-scale master plans, as well as site plans for one of the selected areas.
  7. Capable to produce masterplan and site plan products in presentation format and image scale adjusted to the needs and context of individual region.
  8. Capable to compile landscape architecture planning and design documents in accordance with applicable provisions and regulations in Indonesia.
  9. Capable to carry out the communication process with work groups and stakeholders, for example in the FGD format, verbally, in writing and graphically by referring to academic ethics and rules in professional ethics.
  10. Capable to carry out the process of socializing planning results, both orally, in writing, and graphically by referring to academic ethics and rules in professional ethics.
Metode PembelajaranProyek PerencanaanPlanning Project
Modalitas PembelajaranKuliah Instruksional StudioInstructional Lecture Studio
Jenis NilaiABCDE
Metode PenilaianTugas Kelompok (tugas pra-rencana, penyusunan konsep dan rencana skematik masterplan, pengembangan masterplan) Tugas Individu/Perorangan (siteplan area terpilih)Group Assignment (pre-planning assignment, preparation of masterplan concepts and schematic plans, masterplan development) Individual Assignment (site plan of selected area)
Catatan TambahanPortofolio dan poster Pameran direkomendasikan untuk kelompok dengan capaian pembelajaran tertinggi.Portfolios and exhibition posters are recommended for groups with the highest learning outcomes.