Kode Mata Kuliah | SA4112 / 3 SKS |
---|
Penyelenggara | 158 - Teknik dan Pengelolaan Sumber Daya Air / FTSL |
---|
Kategori | Kuliah |
---|
| Bahasa Indonesia | English |
---|
Nama Mata Kuliah | Analisis Sistem SDA dan Hidroinformatika | System Analysis and Hydroinformatics |
---|
Bahan Kajian | - R1 Konservasi SDA
- R2 Pendayagunaan SDA
- R3 Daya Rusak Air
- R4 Sistem Informasi SDA
- R7 Risiko dan Ketidakpastian
- R9 Keberlanjutan
- U2 Berpikir kritis, Penyelesaian Masalah, Pengambilan Keputusan
- U3 Literasi Data dan Analisis
| - R1 Water Resources Conservation
- R2 Utilization of Water Resources
- R3 Destructive Power of Water
- R4 Water Resources Information System
- R7 Risk and Uncertainty
- R9 Sustainability
- U2 Critical Thinking, Problem Solving, Decision Making
- U3 Data Literacy and Analysis
|
---|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Mengaplikasikan prinsip-prinsip rekayasa dalam penentuan model simulasi bidang SDA
- Menguasai Bahasa dan tata Bahasa yang baik termasuk penggunaan persamaan matematika dan ilustrasinya dalam proses penerapan optimisasi pendayagunaan tataguna lahan ataupun penyelesaian studi kasus aplikasi jaringan syaraf tiruan
- Berinteraksi secara produktif dengan rekan kerja dari disiplin dan latar belakang ilmu yang berbeda dalam penentuan solusi optimisasi Analisa jaringan ataupun program non linier
| - Applying engineering principles in determining simulation models in the field of Water Resources
- Mastering good language and grammar including the use of mathematical equations and their illustrations in the process of implementing land use optimization or completing case studies of artificial neural network applications.
- Interact productively with colleagues from different disciplines and scientific backgrounds in determining optimization solutions for network analysis or non-linear programming.
|
---|
Metode Pembelajaran | Metode Pembelajaran Diskusi Kelompok, Simulasi, Studi Kasus, Pembelajaran Kolaboratif | Learning Methods Group Discussion, Simulation, Case Study, Collaborative Learning |
---|
Modalitas Pembelajaran | Bauran, Sinkron dan Asinkron, Mandiri dan Kelompok | Mixed, Synchronous and Asynchronous, Independent and Group |
---|
Jenis Nilai | ABCDE |
---|
Metode Penilaian | UTS 30%
UAS 30%
Kuis 10%
Tugas Mandiri 10%
Tugas Besar 20% | Midterm Exam 30%
Final Exam 30%
Quiz 10%
Independent Assignment 10%
Major Assignment 20% |
---|
Catatan Tambahan | | |
---|