Kode Mata Kuliah | SR2218 / 3 SKS |
---|
Penyelenggara | 170 - Seni Rupa / FSRD |
---|
Kategori | Kuliah |
---|
| Bahasa Indonesia | English |
---|
Nama Mata Kuliah | Seni Lukis Ekspresif | Expressive Painting Arts |
---|
Bahan Kajian | - Memaparkan tentang ekspresionis dalam seni rupa secara umum
Menjelaskan ekspresi dalam proses berkarya seni
- Seni sebagai Ekspresi
- Menjelaskan pengertian dan makna ekspresi dalam berkarya seni
- Menjelaskan pendekatan seni sebagai representasi melalui ekspresi
- Menjelaskan pendekatan seni sebagai ekspresi emosi (curahan perasaan)
- Ekspresi seni dengan pendekatan bentuk
- Ekspresi seni dengan pendekatan psikologi dan sosial
- Ekspresi seni dengan pendekatan politik dan gender
- Ekspresi seni dengan pendekatan lingkungan
- Konsep medium, signifikansi medium dan kondisi pos-medium dalam berekspresi seni
|
|
---|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Mampu memahami dan menafsirkan teori-teori seni sebagai ekspresi dalam proses berkarya seni.
- Mampu berkarya ekspresi dengan pendekatan seni sebagai representasi dan ekspresi emosi (curahan perasaan).
- Mampu berkarya seni ekspresi dengan pendekatan bentuk, psikologi dan sosial, politik dan gender, serta isu-isu lingkungan ekologi dan lingkungan hidup sebagai ide ekspresinya.
- Mampu menumbuhkan semangat berkarya seni secara terus menerus melalui ekspresi seninya.
|
|
---|
Metode Pembelajaran | Ceramah (eksposisi).
2. Active learning (diskusi, memecahkan soal bersama, memberikan umpan balik).
3. Case Study/Simulasi
Perkuliahan dilaksanakan melalui metode praktika. Pengetahuan dan wawasan tentang ekspresionis, juga diberikan melalui penyampaian teori (video dan ppt). Setiap mahasiswa dalam perkuliahan diwajibkan membuat karya seni ekspresionis sebanyak 6 karya (kanvas ukuran minimal 70cm X 90cm) yang diawali dengan membuat sketsa-sketsa di atas kertas untuk melatih keluwesan tangan dan pencarian ide visual serta karakter yang terkait dengan persoalan keknik. Karya kanvas dengan pilihan cat miyak/akrylik sebagai output akhir dari perkuliahan ini. | |
---|
Modalitas Pembelajaran | Tatap muka: pembelajaran berlangsung terutama secara luring tatap muka (Face-to-Face) secara terjadwal di lokasi kampus.
Asinkron: Pemanfaatan LMS Edunex (daring, asinkronik) yang memfasilitasi penyampaian dan pengelolaan konten. LMS digunakan untuk mengelola materi, penilaian dan tugas, dan melacak kemajuan mahasiswa. | |
---|
Jenis Nilai | ABCDE |
---|
Metode Penilaian | Metode penilaian yang digunakan adalah pengerjaan tugas dan ujian dalam bentuk karya seni Ekspresionis dan uji praktik langsung (on the spots) (UTS) maupun presentasi perorangan disertai tulisan konsep karya (UAS). Metode ini efektif untuk mengukur pemahaman mahasiswa terhadap materi kuliah, keterampilan dalam membuat karya seni, kemampuan mengekspresikan ide secara lisan dan tulisan.
Komponen Penilaian:
(1) Kehadiran 10%;
(2) Tugas Karya (35%);
(3) UTS (Makalah Perorangan) 20%, dan
(4) UAS (Presentasi Kelompok) 35%.
Bobot komponen:
A = > 85
AB = 75-84
B = 70-74
BC = 65-69
C = 60-64
D = 50-59
E = < 49 | |
---|
Catatan Tambahan | | |
---|