Kode Mata Kuliah | EP4002 / 2 SKS |
---|
Penyelenggara | 180 - Teknik Tenaga Listrik / STEI |
---|
Kategori | Tugas Akhir / Tesis / Disertasi |
---|
| Bahasa Indonesia | English |
---|
Nama Mata Kuliah | Proposal Perancangan dan Seminar | Design Project Proposal and Seminars |
---|
Bahan Kajian | - Pengenalan konsep desain rekayasa
- Identifikasi permasalahan
- Menentukan batasan dan kriteria desain sesuai dengan standar dan aturan yang berlaku
- Mengusulkan alternatif solusi
- Penulisan Proposal Perancangan
| - Introduction to engineering design concepts
- Problem identification
- Determine design constraints and criteria in accordance with applicable standards and regulations
- Proposing solution alternatives
- Writing Design Proposals
|
---|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Memahami konsep matematika, rekayasa, dan sains terkait objek desain.
- Mampu menganalisis dan memodelkan objek desain dalam bidang ketenagalistrikan.
- Mampu menentukan tujuan desain dan batasan-batasan yang terkait, meliputi standar teknis, peraturan yang berlaku, dan batasan lainnya, seperti budaya, sosial, lingkungan, dan ekonomi.
- Mampu melaporkan hasil desain secara lisan dan tulisan.
- Mampu menggali tren dan perkembangan terkini terkait objek desain.
- Mampu membuat rencana kerja dan memiliki komitmen untuk melaksanakannya.
- Mampu membuat prosedur eksperimen dan pengumpulan data terkait dengan objek desain secara mandiri atau dalam suatu tim.
- Mampu melakukan eksperimen sesuai dengan prosedur yang telah disusun secara mandiri atau dalam suatu tim.
- Mampu menganalisis dan mengambil kesimpulan hasil desain dari berbagai alternatif solusi sesuai dengan kriteria desain yang digunakan.
- Mampu memanfaatkan berbagai perangkat yang mendukung pelaksanaan proses desain.
| - Understanding the concept of mathematics, engineering, and science related to design objects.
- Able to analyze and model the design objects in the power engineering field.
- Able to define design objectives and related constraints, including technical standards, relevant regulations, and other constraints, such as cultural, social, environmental, and economic constraints.
- Able to report design results verbally and in writing.
- Able to explore the latest trends and developments related to design objects.
- Able to make work plans and have a commitment to carry them out.
- Able to create experimental procedures and collect data related to design objects independently or in a team.
- Able to carry out experiments independently or in a team according to prepared procedures.
- Able to analyze and draw conclusions from design results from various alternative solutions following the design criteria used.
- Able to utilize various tools that support the implementation of the design process.
|
---|
Metode Pembelajaran | Project-based study | Project-based study |
---|
Modalitas Pembelajaran | Luring Sinkron | Synchronous Offline |
---|
Jenis Nilai | ABCDE |
---|
Metode Penilaian | Proposal, Seminar, Final Test, Task | Proposal, Seminar, Final Test, Task |
---|
Catatan Tambahan | | |
---|