Kode Mata KuliahSR3223 / 3 SKS
Penyelenggara170 - Seni Rupa / FSRD
KategoriKuliah
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahCetak BauranHybrid Print
Bahan Kajian
  1. Pengenalan metode berkarya cetak grafis dengan memanfaatkan teknologi cetak digital dan/atau campuran dengan teknik konvensional.
  2. Membuat karya cetak (gandaan) yang memanfaatkan teknologi cetak digital dan/atau campuran dengan teknik konvensional.
  3. Membuat karya cetak hibrida dengan mengelaborasi konsep dan gagasan yang dipilih oleh mahasiswa.
  1. Introduction to graphic print creation methods by utilizing digital printing technology and/or mixing with conventional techniques.
  2. Creating printed works that utilize digital printing technology and/or mix with conventional techniques.
  3. Create hybrid printed works by elaborating on concepts and ideas chosen by students.
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
  1. Mampu memahami bahasa dan konsep dasar seni rupa dan menerapkannya pada berbagai medium, material dan teknik dalam disiplin seni grafis.
  2. Mampu menciptakan karya yang menggambarkan ketajaman perseptual, pemahaman konseptual, dan pencapaian teknis sesuai dengan metodologi seni dengan standar level profesional pada bidang seni grafis.
  3. Memahami khazanah dan perkembangan seni grafis sebagai bagian dari keragaman budaya serta dapat menempatkannya dalam konteks kesejarahan dan praktik kebudayaan masa kini, baik di tingkat lokal maupun global.
  4. Mampu berpikir, menulis, dan mengkomunikasikan gagasan serta mempresentasikan karya seni grafis secara efektif
  5. Memiliki sikap dan etika professional, kemandirian serta kemampuan kerja seni grafis secara efektif baik secara individu maupun dalam grup.
  1. Able to understand the language and basic concepts of fine art and apply them to various mediums, materials and techniques in the graphic arts discipline.
  2. Able to create works that illustrate perceptual sharpness, conceptual understanding, and technical achievements in accordance with art methodology with professional level standards in the field of graphic arts.
  3. Understand the treasures and development of graphic arts as part of cultural diversity and be able to place them in the historical context and current cultural practices, both at the local and global levels.
  4. Able to think, write, and communicate ideas and present graphic arts works effectively
  5. Have professional attitudes and ethics, independence and the ability to work in graphic arts effectively both individually and in groups.
Metode Pembelajaran1. Active learning (diskusi, memecahkan soal bersama, dll.) 2. Simulasi 3. Demonstrasi 4. Pembelajaran berbasis projek: metode belajar yang sistematis, yang melibatkan mahasiswa dalam belajar pengetahuan dan keterampilan melalui proses pencarian/penggalian (inquiry) yang panjang dan terstruktur terhadap pertanyaan yang otentik dan kompleks serta tugas dan produk yang dirancang dengan sangat hati-hati.1. Active learning (discussions, solving problems together, etc.) 2. Simulation 3. Demonstration 4. Project-based learning: a systematic learning method, which involves students in learning knowledge and skills through a long and structured search/inquiry process towards authentic and complex questions as well as very carefully designed assignments and products.
Modalitas PembelajaranBauran Sinkron/AsinkronHybrid Synchronous/Asynchronous
Jenis NilaiABCDE
Metode PenilaianKehadiran 10% Tugas 60% UTS 15% UAS 15%Attendance 10% Assignments 60% Midterm Exam 15% Final Exam 15%
Catatan Tambahan