Kode Mata KuliahSR3126 / 3 SKS
Penyelenggara170 - Seni Rupa / FSRD
KategoriKuliah
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahKelantasan: Seni Langsung dan MediatisasinyaLiveness: Live Art and its Mediatization
Bahan Kajian
  1. Tubuh dan Seni Rupa
  2. Tubuh dan Audiensi
  3. Gerakan Konseptual dan Dematerialisasi Seni
  4. Agensi Ketubuhan
  5. Liveness
  6. Perfomans yang termediasikan
  1. Body and Fine Arts
  2. Body and Audience
  3. The Conceptual Movement and the Dematerialization of Art
  4. Body Agency
  5. Liveness
  6. Mediated performance
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
  1. Memahami pengertian bunyi secara multi perspektif dan interdisiplin.
  2. Memahami medium bunyi sebagai salah satu medium seni
  3. Memahami praktik, sejarah dan teori seni tentang bunyi dalam seni rupa
  4. Mengonsepsikan bunyi serta berbagai hubungannya dengan fenomena sosial
  5. Membangun diskusi kritis melalui proyek studio yang berbasis bunyi
  6. Menciptakan karya seni berbasis bunyi secara kritis
  1. Understand the meaning of sound from a multi-perspective and interdisciplinary perspective.
  2. Understand the medium of sound as an art medium
  3. Understand the practice, history and art theory of sound in the fine arts
  4. Conceptualize sound and its various relationships with social phenomena
  5. Building critical discussions through sound-based studio projects
  6. Critically creating sound-based works of art
Metode Pembelajaran1. Ceramah 2. Active learning (diskusi, memecahkan soal bersama, dll.) 3. Simulasi 4. Demonstrasi 5. Studi kasus 6. Studi lapangan 7. Pembelajaran kolaboratif: Kasus berasal dari dosen dan bersifat open ended, tetapi pembentukan kelompok yang didasarkan pada minat, prosedur kerja kelompok, penentuan waktu dan tempat diskusi/kerja kelompok, sampai dengan bagaimana hasil diskusi/kerja kelompok ingin dinilai oleh dosen, semuanya ditentukan melalui konsensus bersama antar anggota kelompok 8. Pembelajaran kooperatif: metode belajar berkelompok yang dirancang oleh dosen untuk memecahkan suatu masalah/kasus atau mengerjakan suatu tugas 9. Pembelajaran berbasis projek: metode belajar yang sistematis, yang melibatkan mahasiswa dalam belajar pengetahuan dan keterampilan melalui proses pencarian/penggalian (inquiry) yang panjang dan terstruktur terhadap pertanyaan yang otentik dan kompleks serta tugas dan produk yang dirancang dengan sangat hati-hati. 10. Pembelajaran berbasis masalah: belajar dengan memanfaatkan masalah dan mahasiswa harus melakukan pencarian/penggalian informasi (inquiry) untuk dapat memecahkan masalah tersebut. 11. Flipped classroom 12. Inquiry guided learning 13. Dll.1. Lecture 2. Active learning (discussions, solving problems together, etc.) 3. Simulation 4. Demonstration 5. Case studies 6. Field studies 7. Collaborative learning: Cases come from the lecturer and are open ended, but the formation of groups based on interests, group work procedures, determining the time and place of discussion/group work, up to how the results of the discussion/group work are to be assessed by the lecturer, are all determined through mutual consensus among group members 8. Cooperative learning: a group learning method designed by the lecturer to solve a problem/case or carry out an assignment 9. Project-based learning: a systematic learning method, which involves students in learning knowledge and skills through a long and structured search/inquiry process towards authentic and complex questions as well as very carefully designed assignments and products. 10. Problem-based learning: learning by utilizing problems and students must search/excavate information (inquiry) to be able to solve the problem. 11. Flipped classroom 12. Inquiry guided learning 13. Etc.
Modalitas PembelajaranTatap muka / Daring / Bauran Sinkron / Asinkron Individu / Kelompok Mandiri / TerbimbingFace to face / Online / Mixed Synchronous / Asynchronous Individual / Group Independent / Guided
Jenis NilaiABCDE
Metode PenilaianKuis, Tugas, UTS, UASQuizzes, Assignments, UTS, UAS
Catatan Tambahan