Kode Mata KuliahBI5116 / 2 SKS
Penyelenggara206 - Biologi / SITH
KategoriKuliah
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahPensinyalan Pada TumbuhanPlant Cell Signaling
Bahan Kajian
  1. Komunikasi sel pada tumbuhan
  2. Transduksi Sinyal
  3. Sinyal hormonal pada proses pertumbuhan dan perkembangan
  4. Ca-sinyaling
  5. Sinyaling terkait transport nutrisi pada tumbuhan
  6. Sinyal lingkungan dalam pertumbuhan
  7. Sinyal lingkungan dalam pertumbuhan
  8. Pensinyalan dalam reproduksi
  9. Pensinyalan dalam proses simbiosis
  10. Sinyaling dalam mekanisme pertahanan tumbuhan (cekaman biotik dan abiotik)
  1. Cell communication in plants
  2. Signal Transduction
  3. Hormonal signaling in growth and development
  4. Ca-signaling
  5. Signaling related to nutrient transport in plants
  6. Environmental signals in growth
  7. Environmental signals in growth
  8. Signaling in reproduction
  9. Signaling in symbiotic processes
  10. Signaling in plant defense mechanisms (biotic and abiotic stresses)
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
  1. Pemikiran Sistematis: Mahasiswa dapat menganalisis dan menyusun komponen atau proses biologi menjadi sebuah sistem yang terorganisir untuk pemahaman yang lebih baik.
  2. Kemampuan Komunikasi Lisan: Mahasiswa mampu menyampaikan ide dan informasi dengan jelas dan efektif dalam berbagai konteks, termasuk presentasi dan diskusi dengan menggunakan alat bantu visual dan teknologi presentasi secara efektif
  3. Kemampuan Komunikasi Tulis: Mahasiswa mampu menulis laporan, makalah, dan dokumen lain dengan struktur yang baik dan gaya bahasa yang tepat untuk menyampaikan informasi secara efektif kepada audiens yang dituju.
  4. Pembaruan Pengetahuan Terus-menerus: mampu secara aktif memperbarui pengetahuan mereka dengan mengikuti perkembangan terbaru dalam ilmu pengetahuan dan teknologi yang relevan dengan disiplin mereka.
  5. Responsif terhadap Tren Baru: mampu untuk cepat menanggapi dan mengintegrasikan tren baru dalam ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya yang terkait dengan fokus studinya.
  1. Systematic Thinking: Students can analyze and arrange biological components or processes into an organized system for better understanding.
  2. Oral Communication Skills: Students are able to convey ideas and information clearly and effectively in a variety of contexts, including presentations and discussions using visual aids and presentation technology effectively.
  3. Written Communication Skills: Students are able to write reports, papers, and other documents with good structure and appropriate language style to convey information effectively to the intended audience.
  4. Continuous Knowledge Update: able to actively update their knowledge by keeping up with the latest developments in science and technology relevant to their discipline.
  5. Responsive to New Trends: able to quickly respond to and integrate new trends in science and technology specifically related to the focus of their studies.
Metode PembelajaranProses belajar dalam kelas; Tugas terstruktur mandiri/kelompok; Kegiatan mandiri kelompokIn-class learning process; Independent/group structured assignments; Independent group activities
Modalitas PembelajaranModa penyerapan: Visual; Auditorial; Kinestetik Moda pelaksanaan : Sinkron dan AsinkronAbsorption modes: Visual; Auditorial; Kinesthetic Mode of implementation: Synchronous and Asynchronous
Jenis NilaiABCDE
Metode PenilaianStandar nilai huruf dan nilai indeks sesuai ketentuan akademik ITB (Sistem A, AB, B, BC, C, D, E). Dilakukan secara terpadu untuk menilai: - Aspek pengetahuan melalui tes tulis berupa kuis, UTS, UAS, dan tugas mandiri/kelompok. - Aspek keterampilan melalui presentasi (rubrik) - Aspek sikap melalui keaktifan, kejujuran/plagiarisme, dan kreativitasStandard letter grades and index grades according to ITB academic regulations (System A, AB, B, BC, C, D, E). Performed in an integrated manner to assess: - Knowledge aspects through written tests in the form of quizzes, midterms, final exams, and independent/group assignments. - Skill aspect through presentation (rubric) - Attitude aspect through activeness, honesty/plagiarism, and creativity.
Catatan Tambahan