Kode Mata Kuliah | BI5116 / 2 SKS |
---|
Penyelenggara | 206 - Biologi / SITH |
---|
Kategori | Kuliah |
---|
| Bahasa Indonesia | English |
---|
Nama Mata Kuliah | Pensinyalan Pada Tumbuhan | Plant Cell Signaling |
---|
Bahan Kajian | - Komunikasi sel pada tumbuhan
- Transduksi Sinyal
- Sinyal hormonal pada proses pertumbuhan dan perkembangan
- Ca-sinyaling
- Sinyaling terkait transport nutrisi pada tumbuhan
- Sinyal lingkungan dalam pertumbuhan
- Sinyal lingkungan dalam pertumbuhan
- Pensinyalan dalam reproduksi
- Pensinyalan dalam proses simbiosis
- Sinyaling dalam mekanisme pertahanan tumbuhan (cekaman biotik dan abiotik)
| - Cell communication in plants
- Signal Transduction
- Hormonal signaling in growth and development
- Ca-signaling
- Signaling related to nutrient transport in plants
- Environmental signals in growth
- Environmental signals in growth
- Signaling in reproduction
- Signaling in symbiotic processes
- Signaling in plant defense mechanisms (biotic and abiotic stresses)
|
---|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Pemikiran Sistematis: Mahasiswa dapat menganalisis dan menyusun komponen atau proses biologi menjadi sebuah sistem yang terorganisir untuk pemahaman yang lebih baik.
- Kemampuan Komunikasi Lisan: Mahasiswa mampu menyampaikan ide dan informasi dengan jelas dan efektif dalam berbagai konteks, termasuk presentasi dan diskusi dengan menggunakan alat bantu visual dan teknologi presentasi secara efektif
- Kemampuan Komunikasi Tulis: Mahasiswa mampu menulis laporan, makalah, dan dokumen lain dengan struktur yang baik dan gaya bahasa yang tepat untuk menyampaikan informasi secara efektif kepada audiens yang dituju.
- Pembaruan Pengetahuan Terus-menerus: mampu secara aktif memperbarui pengetahuan mereka dengan mengikuti perkembangan terbaru dalam ilmu pengetahuan dan teknologi yang relevan dengan disiplin mereka.
- Responsif terhadap Tren Baru: mampu untuk cepat menanggapi dan mengintegrasikan tren baru dalam ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya yang terkait dengan fokus studinya.
| - Systematic Thinking: Students can analyze and arrange biological components or processes into an organized system for better understanding.
- Oral Communication Skills: Students are able to convey ideas and information clearly and effectively in a variety of contexts, including presentations and discussions using visual aids and presentation technology effectively.
- Written Communication Skills: Students are able to write reports, papers, and other documents with good structure and appropriate language style to convey information effectively to the intended audience.
- Continuous Knowledge Update: able to actively update their knowledge by keeping up with the latest developments in science and technology relevant to their discipline.
- Responsive to New Trends: able to quickly respond to and integrate new trends in science and technology specifically related to the focus of their studies.
|
---|
Metode Pembelajaran | Proses belajar dalam kelas; Tugas terstruktur mandiri/kelompok; Kegiatan mandiri kelompok | In-class learning process; Independent/group structured assignments; Independent group activities |
---|
Modalitas Pembelajaran | Moda penyerapan: Visual; Auditorial; Kinestetik
Moda pelaksanaan : Sinkron dan Asinkron | Absorption modes: Visual; Auditorial; Kinesthetic
Mode of implementation: Synchronous and Asynchronous |
---|
Jenis Nilai | ABCDE |
---|
Metode Penilaian | Standar nilai huruf dan nilai indeks sesuai ketentuan akademik ITB (Sistem A, AB, B, BC, C, D, E). Dilakukan secara terpadu untuk menilai:
- Aspek pengetahuan melalui tes tulis berupa kuis, UTS, UAS, dan tugas mandiri/kelompok.
- Aspek keterampilan melalui presentasi (rubrik)
- Aspek sikap melalui keaktifan, kejujuran/plagiarisme, dan kreativitas | Standard letter grades and index grades according to ITB academic regulations (System A, AB, B, BC, C, D, E). Performed in an integrated manner to assess:
- Knowledge aspects through written tests in the form of quizzes, midterms, final exams, and independent/group assignments.
- Skill aspect through presentation (rubric)
- Attitude aspect through activeness, honesty/plagiarism, and creativity. |
---|
Catatan Tambahan | | |
---|