Kode Mata KuliahBI6113 / 2 SKS
Penyelenggara206 - Biologi / SITH
KategoriKuliah
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahEkofisiologi TumbuhanPlant Ecophysiology
Bahan Kajian
  1. Karakteristik lingkungan fisik yang mempengaruhi tumbuhan : cahaya, air, suhu, dll
  2. Efisiensi Penggunaan Air dan Pertumbuhan Tanaman
  3. Stres air: kekeringan, banjir, salinitas
  4. Efek Positif dan Negatif Cahaya: Radiasi dan Suhu
  5. Bagaimana Tanaman Menghindari Kerusakan Akibat Cekaman Cahaya, Perubahan Iklim Global, dan Tanaman Masa Depan
  6. Unsur Hara dalam Tanah dan Efisiensi Penggunaan Unsur Hara pada Tanaman-Ekosistem
  7. Kehidupan Tanaman di antara Mikrosimbion
  8. Interaksi antar Tumbuhan, dan Perannya dalam Ekosistem dan Global
  9. Biomassa dan Produksi Ekosistem: Siklus dan Keseimbangan Karbon Global
  1. Characteristics of the physical environment that affect plants : light, water, temperature, etc.
  2. Water-Use Efficiency and Plant Growth
  3. Water stress : drought, flooding, salinity
  4. Positive and Negative Effect of Light: Radiation and Temperature
  5. How Plants Avoid Damage from Light Stress, Global Climate Change and Future Crops
  6. Nutrient in the Soil and Plant-Ecosystem Nutrient Use Efficiency
  7. Plant Life among Microsymbionts
  8. Interaction among Plants, and its Role in Ecosystem and Global Process
  9. Ecosystem Biomass and Production: Global Carbon Cycle and Balance
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
  1. Mahasiswa dapat menjelaskan konsep dan teori biologi terkait fokus studinya dengan detail dan akurat.
  2. Mahasiswa mampu menerapkan teori dan konsep biologi dalam merancang serta dalam menganalisis hasil penelitian tersebut.
  3. Mahasiswa mampu menyampaikan ide dan informasi dengan jelas dan efektif dalam berbagai konteks, termasuk presentasi dan diskusi dengan menggunakan alat bantu visual dan teknologi presentasi secara efektif.
  4. Mahasiswa mampu menulis laporan, makalah, dan dokumen lain dengan struktur yang baik dan gaya bahasa yang tepat untuk menyampaikan informasi secara efektif kepada audiens yang dituju.
  5. Responsif terhadap Tren Baru: mampu untuk cepat menanggapi dan mengintegrasikan tren baru dalam ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya yang terkait dengan fokus studinya.
  1. Students can explain biological concepts and theories related to their focus of study in detail and accurately.
  2. Students are able to apply biological theories and concepts in designing and analyzing the results of the research.
  3. Students are able to convey ideas and information clearly and effectively in various contexts, including presentations and discussions by using visual aids and presentation technology effectively.
  4. Students are able to write reports, papers, and other documents with good structure and appropriate language style to convey information effectively to the intended audience.
  5. Responsive to New Trends: able to quickly respond to and integrate new trends in science and technology specifically related to the focus of his/her studies.
Metode PembelajaranProses belajar dalam kelas; Tugas terstruktur mandiri/kelompok; Kegiatan mandiri kelompokIn-class learning process; Independent/group structured assignments; Independent group activities
Modalitas PembelajaranModa penyerapan: Visual; Auditorial Moda pelaksanaan : Sinkron dan AsinkronAbsorption modes: Visual; Auditorial; Kinesthetic Mode of implementation: Synchronous and Asynchronous
Jenis NilaiABCDE
Metode PenilaianStandar nilai huruf dan nilai indeks sesuai ketentuan akademik ITB (Sistem A, AB, B, BC, C, D, E). Dilakukan secara terpadu untuk menilai: - Aspek pengetahuan melalui tes tulis berupa kuis, UTS, UAS, dan tugas mandiri/kelompok. - Aspek keterampilan melalui presentasi (rubrik) - Aspek sikap melalui keaktifan, kejujuran/plagiarisme, dan kreativitasStandard letter grades and index grades according to ITB academic regulations (System A, AB, B, BC, C, D, E). Performed in an integrated manner to assess: - Knowledge aspects through written tests in the form of quizzes, midterms, final exams, and independent/group assignments. - Skill aspect through presentation (rubric) - Attitude aspect through activeness, honesty/plagiarism, and creativity.
Catatan Tambahan