Kode Mata Kuliah | BI6113 / 2 SKS |
---|
Penyelenggara | 206 - Biologi / SITH |
---|
Kategori | Kuliah |
---|
| Bahasa Indonesia | English |
---|
Nama Mata Kuliah | Ekofisiologi Tumbuhan | Plant Ecophysiology |
---|
Bahan Kajian | - Karakteristik lingkungan fisik yang mempengaruhi tumbuhan :
cahaya, air, suhu, dll
- Efisiensi Penggunaan Air dan Pertumbuhan Tanaman
- Stres air: kekeringan, banjir, salinitas
- Efek Positif dan Negatif Cahaya: Radiasi dan Suhu
- Bagaimana Tanaman Menghindari Kerusakan Akibat Cekaman Cahaya, Perubahan Iklim Global, dan Tanaman Masa Depan
- Unsur Hara dalam Tanah dan Efisiensi Penggunaan Unsur Hara pada Tanaman-Ekosistem
- Kehidupan Tanaman di antara Mikrosimbion
- Interaksi antar Tumbuhan, dan Perannya dalam Ekosistem dan Global
- Biomassa dan Produksi Ekosistem: Siklus dan Keseimbangan Karbon Global
| - Characteristics of the physical environment that affect plants :
light, water, temperature, etc.
- Water-Use Efficiency and Plant Growth
- Water stress : drought, flooding, salinity
- Positive and Negative Effect of Light: Radiation and Temperature
- How Plants Avoid Damage from Light Stress, Global Climate Change and Future Crops
- Nutrient in the Soil and Plant-Ecosystem Nutrient Use Efficiency
- Plant Life among Microsymbionts
- Interaction among Plants, and its Role in Ecosystem and Global
Process
- Ecosystem Biomass and Production: Global Carbon Cycle and Balance
|
---|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Mahasiswa dapat menjelaskan konsep dan teori biologi terkait fokus studinya dengan detail dan akurat.
- Mahasiswa mampu menerapkan teori dan konsep biologi dalam merancang serta dalam menganalisis hasil penelitian tersebut.
- Mahasiswa mampu menyampaikan ide dan informasi dengan jelas dan efektif dalam berbagai konteks, termasuk presentasi dan diskusi dengan menggunakan alat bantu visual dan teknologi presentasi secara efektif.
- Mahasiswa mampu menulis laporan, makalah, dan dokumen lain dengan struktur yang baik dan gaya bahasa yang tepat untuk menyampaikan informasi secara efektif kepada audiens yang dituju.
- Responsif terhadap Tren Baru: mampu untuk cepat menanggapi dan mengintegrasikan tren baru dalam ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya yang terkait dengan fokus studinya.
| - Students can explain biological concepts and theories related to their focus of study in detail and accurately.
- Students are able to apply biological theories and concepts in designing and analyzing the results of the research.
- Students are able to convey ideas and information clearly and effectively in various contexts, including presentations and discussions by using visual aids and presentation technology effectively.
- Students are able to write reports, papers, and other documents with good structure and appropriate language style to convey information effectively to the intended audience.
- Responsive to New Trends: able to quickly respond to and integrate new trends in science and technology specifically related to the focus of his/her studies.
|
---|
Metode Pembelajaran | Proses belajar dalam kelas; Tugas terstruktur mandiri/kelompok; Kegiatan mandiri kelompok | In-class learning process; Independent/group structured assignments; Independent group activities |
---|
Modalitas Pembelajaran | Moda penyerapan: Visual; Auditorial
Moda pelaksanaan : Sinkron dan Asinkron | Absorption modes: Visual; Auditorial; Kinesthetic
Mode of implementation: Synchronous and Asynchronous |
---|
Jenis Nilai | ABCDE |
---|
Metode Penilaian | Standar nilai huruf dan nilai indeks sesuai ketentuan akademik ITB (Sistem A, AB, B, BC, C, D, E). Dilakukan secara terpadu untuk menilai:
- Aspek pengetahuan melalui tes tulis berupa kuis, UTS, UAS, dan tugas mandiri/kelompok.
- Aspek keterampilan melalui presentasi (rubrik)
- Aspek sikap melalui keaktifan, kejujuran/plagiarisme, dan kreativitas | Standard letter grades and index grades according to ITB academic regulations (System A, AB, B, BC, C, D, E). Performed in an integrated manner to assess:
- Knowledge aspects through written tests in the form of quizzes, midterms, final exams, and independent/group assignments.
- Skill aspect through presentation (rubric)
- Attitude aspect through activeness, honesty/plagiarism, and creativity. |
---|
Catatan Tambahan | | |
---|