| Kode Mata Kuliah | SA4211 / 3 SKS | 
|---|
| Penyelenggara | 158 - Teknik dan Pengelolaan Sumber Daya Air / FTSL | 
|---|
| Kategori | Kuliah | 
|---|
|  | Bahasa Indonesia | English | 
|---|
| Nama Mata Kuliah | Operasi dan Pemeliharaan Bangunan Air | Hydraulic Structure Operation and Maintenance | 
|---|
| Bahan Kajian | R1 Konservasi SDAR2 Pendayagunaan SDAR3 Daya Rusak AirR4 Sistem Informasi SDAR5 Manajemen Konstruksi SDAR6 Ekonomi TeknikR7 Risiko dan KetidakpastianR9 KeberlanjutanU4 Kerjasama Tim dan Kepemimpinan
 | R1 Water Resources ConservationR2 Utilization of water resourcesR3 Destructive Power of WaterR4 Water Resources Information SystemR5 Water Resources Construction ManagementR6 Engineering EconomicsR7 Risk and UncertaintyR9 SustainabilityU4 Teamwork and Leadership
 | 
|---|
| Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | Kemampuan untuk mengaplikasikan prosedur operasi serta pemeliharaan dalam sistem jaringan irigasi, sungai, bendung/bendungan, atau bangunan pantaiKemampuan untuk menilai situasi yang berkaitan dengan konflik kepentingan dan bersikap sesuai dengan etika dan standar professional dalam prinsip-prinsip K3 ataupun analisis serta manajemen peralatan dan pelaksanaan pekerjaan persiapanKemampuan untuk mempertimbangkan masalah sosial, budaya, lingkungan dan atau ekonomi faktor dalam penentuan pembiayaan operasi-pemeliharaan, risiko, metode konstruksi, serta kegiatan rehabilitasi yang dilakukan
 | Ability to apply operating and maintenance procedures in irrigation network systems, rivers, dams/dams, or coastal structuresAbility to assess situations related to conflicts of interest and act in accordance with ethics and professional standards in K3 principles or analysis and management of equipment and implementation of preparatory work.Ability to consider social, cultural, environmental and/or economic factors in determining operating-maintenance costs, risks, construction methods, and rehabilitation activities undertaken.
 | 
|---|
| Metode Pembelajaran | Simulasi, Studi Kasus, Pembelajaran Kooperatif, Pembelajaran Berbasis Proyek | Simulation, Case Studies, Cooperative Learning, Project Based Learning | 
|---|
| Modalitas Pembelajaran | Bauran, Sinkron dan Asinkron, Mandiri dan Berkelompok | Mixed, Synchronous and Asynchronous, Independent and Group | 
|---|
| Jenis Nilai | ABCDE | 
|---|
| Metode Penilaian | UTS 25%
UAS 30%
Kuis 10%
Tugas Mandiri 20% | Mid-term exam 25%
Final exam 30%
Quiz 10%
Independent assignment 20% | 
|---|
| Catatan Tambahan |  |  | 
|---|