Kode Mata Kuliah | BI6112 / 2 SKS |
---|
Penyelenggara | 206 - Biologi / SITH |
---|
Kategori | Kuliah |
---|
| Bahasa Indonesia | English |
---|
Nama Mata Kuliah | Neurosains | Neuroscience |
---|
Bahan Kajian | - Potensial aksi dan neurotransmitter
- Transmisi Sinapsis
- Long-term potentiation dan Long-term depression
- Memory
- Sistem sensori
- Brain and Behaviour
- Cognitif development and aging
- Neuroendokrin
- Brain rhythms and Sleep
- Sex and Brain
- Mental illness
| - Action potentials and neurotransmitters
- Synaptic Transmission
- Long-term potentiation and long-term Depression
- Memory
- Sensory system
- Brain and Behaviour
- Cognitif development and aging
- Neuroendocrine
- Brain rhythms and Sleep
- Sex and Brain
- Mental illness
|
---|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Mahasiswa mampu mengintegrasikan pengetahuan dari disiplin biologi dengan disiplin lain seperti teknologi, sosial, dan ekonomi untuk menciptakan solusi yang inovatif.
- Literasi Digital: Mahasiswa dapat menggunakan alat digital dan sumber daya online untuk mengakses, mengelola, dan menyajikan informasi biologi secara efektif.
- Kemampuan Komunikasi Lisan: Mahasiswa mampu menyampaikan ide dan informasi dengan jelas dan efektif dalam berbagai konteks, termasuk presentasi dan diskusi dengan menggunakan alat bantu visual dan teknologi presentasi secara efektif.
- Kemampuan Komunikasi Tulis: Mahasiswa mampu menulis laporan, makalah, dan dokumen lain dengan struktur yang baik dan gaya bahasa yang tepat untuk menyampaikan informasi secara efektif kepada audiens yang dituju.
- Responsif terhadap Tren Baru: mampu untuk cepat menanggapi dan mengintegrasikan tren baru dalam ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya yang terkait dengan fokus studinya.
| - Students are able to integrate knowledge from the discipline of biology with other disciplines such as technology, social, and economics to create innovative solutions.
- Digital Literacy: Students can use digital tools and online resources to effectively access, manage and present biological information.
- Oral Communication Skills: Students are able to convey ideas and information clearly and effectively in a variety of contexts, including presentations and discussions using visual aids and presentation technology effectively.
- Written Communication Skills: Students are able to write reports, papers, and other documents with good structure and appropriate language style to convey information effectively to the intended audience.
- Responsive to New Trends: able to quickly respond to and integrate new trends in science and technology specifically related to the focus of his/her studies.
|
---|
Metode Pembelajaran | Proses belajar dalam kelas; Tugas terstruktur mandiri/kelompok; Kegiatan mandiri kelompok | In-class learning process; Independent/group structured assignments; Independent group activities |
---|
Modalitas Pembelajaran | Moda penyerapan: Visual; Auditorial; Kinestetik
Moda pelaksanaan : Sinkron dan Asinkron | Absorption modes: Visual; Auditorial; Kinesthetic
Mode of implementation: Synchronous and Asynchronous |
---|
Jenis Nilai | ABCDE |
---|
Metode Penilaian | Standar nilai huruf dan nilai indeks sesuai ketentuan akademik ITB (Sistem A, AB, B, BC, C, D, E). Dilakukan secara terpadu untuk menilai:
- Aspek pengetahuan melalui tes tulis berupa kuis, UTS, UAS, dan tugas mandiri/kelompok.
- Aspek keterampilan melalui presentasi (rubrik)
- Aspek sikap melalui keaktifan, kejujuran/plagiarisme, dan kreativitas | Standard letter grades and index grades according to ITB academic regulations (System A, AB, B, BC, C, D, E). Performed in an integrated manner to assess:
- Knowledge aspects through written tests in the form of quizzes, midterms, final exams, and independent/group assignments.
- Skill aspect through presentation (rubric)
- Attitude aspect through activeness, honesty/plagiarism, and creativity. |
---|
Catatan Tambahan | | |
---|