Kode Mata Kuliah | DS6103 / 3 SKS |
---|
Penyelenggara | 271 - Desain / FSRD |
---|
Kategori | Kuliah |
---|
| Bahasa Indonesia | English |
---|
Nama Mata Kuliah | Berpikir Desain dan Inovasi II | Design Thinking and Innovation II |
---|
Bahan Kajian | - Kelley, Tom, Creative Confidence: Unleashing the Creative Potential Within Us All, Crown Business, 2013
- Berger, Warren, CAD Monkeys, Dinosaur Babies and T-Shaped People: Inside the World of Design Thinking and How It Can Spark Creativity and Innovation, Penguin Books, 2010
- Brown, Tim, Change by Design: How Design Thinking Transforms Organizations and Inspires Innovation, HarperBusiness, 2009
- IDEO, Human Centered Design Toolkit, IDEO, 2009
|
|
---|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Mahasiswa mampu mengaplikasikan prinsip-prinsip dalam pemikiran desain (design thinking) ke dalam studi kasus riset/proyek berbasis inovasi desain secara mandiri maupun berkelompok
- Mahasiswa mampu mendiseminasikan hasil penelitian/proyek berbasis inovasi ke dalam sebuah artikel ilmiah
- Mahasiswa mampu menerapkan pemikiran desain (design thinking) secara logis, kritis, sistematis, dan kreatif untuk mencari sebuah solusi desain nyata
- Mahasiswa mampu berkolaborasi dengan akedimisi lintas disiplin untuk menganalisa dan menawarkan solusi desain nyata dari studi kasus di sekitar mereka
|
|
---|
Metode Pembelajaran | Ceramah, Diskusi, Collaborative Learning, Team-based Project, Studi Kasus | |
---|
Modalitas Pembelajaran | Sinkronik, Hybrid | |
---|
Jenis Nilai | ABCDE |
---|
Metode Penilaian | - 10% Kehadiran
- 30% UTS: proposal project kelompok (teknis & konten/substansi)
- 20% Presentasi kemajuan project kelompok (perencanaan & perancangan solusi)
- 40% UAS: kompilasi laporan project tercetak & terjilid (teknis & konten/substansi) | |
---|
Catatan Tambahan | | |
---|