Kode Mata KuliahBI6111 / 2 SKS
Penyelenggara206 - Biologi / SITH
KategoriKuliah
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahDinamika Ekosistem HutanForest Ecosystem Dynamics
Bahan Kajian
  1. Pentingnya hutan
  2. Struktur dan komposisi hutan
  3. Gangguan dan suksesi hutan
  4. Siklus biogeokimia di hutan
  5. Aliran energi di ekosistem hutan
  6. Interaksi spesies dalam ekosistem hutan
  7. Metode lapangan dalam ekologi hutan
  8. Jasa ekosistem hutan
  1. Importance of forests
  2. Forest structure and composition
  3. Forest disturbance and sucession
  4. Biogeochemical cycles in forests
  5. Energy flow in forest ecosystems
  6. Species interaction in forest ecosystems
  7. Field methods in forest ecology
  8. Forest ecosystem services
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
  1. Integrasi Pengetahuan: Mahasiswa mampu mengintegrasikan pengetahuan dari disiplin biologi dengan disiplin lain seperti teknologi, sosial, dan ekonomi untuk menciptakan solusi yang inovatif.
  2. Kepekaan terhadap Isu Keanekaragaman Hayati: mampu menunjukkan pentingnya keanekaragaman hayati dalam keberlanjutan kehidupan dan berusaha komitmen terhadap konservasi dan restorasinya.
  3. Pengembangan Solusi Berkelanjutan: mampu memberikan solusi yang mendukung keberlanjutan lingkungan dan bioindustri salah satunya melalui pendekatan metode terkini di bidang biologi.
  4. Pemikiran Logis: Mahasiswa mampu menggunakan logika dan penalaran yang kuat dalam menguraikan masalah-masalah keilmuan biologi.
  5. Pemikiran Kritis: Mahasiswa mampu menilai kekuatan dan kelemahan argumen ilmiah, baik dalam karya sendiri maupun orang lain, termasuk evaluasi metodologi, kesimpulan, dan relevansi data.
  6. Pemikiran Sistematis: Mahasiswa dapat menganalisis dan menyusun komponen atau proses biologi menjadi sebuah sistem yang terorganisir untuk pemahaman yang lebih baik.
  7. Kemampuan Komunikasi Lisan: Mahasiswa mampu menyampaikan ide dan informasi dengan jelas dan efektif dalam berbagai konteks, termasuk presentasi dan diskusi dengan menggunakan alat bantu visual dan teknologi presentasi secara efektif
  8. Kolaborasi Tim: Mahasiswa efektif dalam bekerja dalam tim, menunjukkan kemampuan untuk berkontribusi, mendengarkan, dan mengintegrasikan ide dari anggota tim lain untuk mencapai tujuan bersama dan memastikan bahwa kerja tim tetap produktif..
  1. Knowledge Integration: Students are able to integrate knowledge from biological disciplines with other disciplines such as technology, social and economics to create innovative solutions.
  2. Sensitivity to Biodiversity Issues: able to demonstrate the importance of biodiversity in the sustainability of life and strive for commitment to its conservation and restoration.
  3. Sustainable Solution Development: able to provide solutions that support environmental and bioindustry sustainability, one of which is through the latest method approaches in the field of biology.
  4. Logical Thinking: Students are able to use logic and strong reasoning in explaining biological scientific problems.
  5. Critical Thinking: Students are able to assess the strengths and weaknesses of scientific arguments, both in their own work and in others, including evaluating methodology, conclusions, and relevance of data.
  6. Systematic Thinking: Students can analyze and organize biological components or processes into an organized system for better understanding.
  7. Oral Communication Skills: Students are able to convey ideas and information clearly and effectively in various contexts, including presentations and discussions by using visual aids and presentation technology effectively
  8. Team Collaboration: Students are effective at working in teams, demonstrating the ability to contribute, listen, and integrate ideas from other team members to achieve common goals and ensure that teamwork remains productive.
Metode PembelajaranProses belajar dalam kelas/lapangan; Tugas terstruktur mandiri/kelompok; Kegiatan mandiri kelompokIn-class learning process; Independent/group structured assignments; Independent group activities
Modalitas PembelajaranDaya penyerapan: Visual; Auditorial; Kinestetik Daya pelaksanaan : Sinkron dan AsinkronAbsorption modes: Visual; Auditorial; Kinesthetic Mode of implementation: Synchronous and Asynchronous
Jenis NilaiABCDE
Metode PenilaianStandar nilai huruf dan nilai indeks sesuai ketentuan akademik ITB (Sistem A, AB, B, BC, C, D, E). Dilakukan secara terpadu untuk menilai: - Aspek pengetahuan melalui tes tulis berupa kuis, UTS, UAS, dan tugas mandiri/kelompok. - Aspek keterampilan melalui presentasi (rubrik) - Aspek sikap melalui keaktifan, kejujuran/plagiarisme, dan kreativitasStandard letter grades and index grades according to ITB academic regulations (System A, AB, B, BC, C, D, E). Performed in an integrated manner to assess: - Knowledge aspects through written tests in the form of quizzes, midterms, final exams, and independent/group assignments. - Skill aspect through presentation (rubric) - Attitude aspect through activeness, honesty/plagiarism, and creativity
Catatan Tambahan