Kode Mata Kuliah | BI6211 / 2 SKS |
---|
Penyelenggara | 206 - Biologi / SITH |
---|
Kategori | Kuliah |
---|
| Bahasa Indonesia | English |
---|
Nama Mata Kuliah | Ekologi Konservasi | Conservation Ecology |
---|
Bahan Kajian | - Konsep dasar ekologi konservasi
- Pola biodiversitas global
- Destruksi habitat dan isu lingkungan global
- Konservasi populasi, komunitas, dan ekosistem
- Perencanaan dan strategi konservasi
- Teknologi dan inovasi konservasi
- Pengelolaan dalam konservasi
- Praktek-praktek konservasi (studi kasus)
- Tantangan konservasi masa depan
| - Basic concepts of conservation ecology
- Global biodiversity patterns
- Habitat destruction and global environmental issues
- Conservation of populations, communities and ecosystems
- Conservation planning and strategies
- Conservation technology and innovation
- Management in conservation
- Conservation practices (case studies)
- Future conservation challenges
|
---|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Integrasi Pengetahuan: Mahasiswa mampu mengintegrasikan pengetahuan dari disiplin biologi dengan disiplin lain seperti teknologi, sosial, dan ekonomi untuk menciptakan solusi yang inovatif.
- Kepekaan terhadap Isu Keanekaragaman Hayati: mampu menunjukkan pentingnya keanekaragaman hayati dalam keberlanjutan kehidupan dan berusaha komitmen terhadap konservasi dan restorasinya.
- Pengembangan Solusi Berkelanjutan: mampu memberikan solusi yang mendukung keberlanjutan lingkungan dan bioindustri salah satunya melalui pendekatan metode terkini di bidang biologi.
- Analisis Kuantitatif: Mahasiswa mampu melakukan analisis data kuantitatif dengan menggunakan metode statistik yang tepat untuk menginterpretasi hasil eksperimen.
- Pemecahan Masalah Kompleks: Mahasiswa dapat menggunakan pendekatan saintifik untuk mengidentifikasi, menganalisis, dan menyelesaikan masalah biologi yang kompleks.
- Kemampuan Interpretasi Data: Mahasiswa mampu menginterpretasi data dari eksperimen atau studi kasus dan menarik kesimpulan yang didukung oleh bukti.
- Adaptasi dengan Perubahan dan Penerapan Ilmu Terkini: Mahasiswa terus memperbarui atau menerapkan pengetahuan terkini di bidang biologi dan teknologi khususnya yang terkait dengan fokus studinya.
| - Knowledge Integration: Students are able to integrate knowledge from biological disciplines with other disciplines such as technology, social and economics to create innovative solutions.
- Sensitivity to Biodiversity Issues: able to demonstrate the importance of biodiversity in the sustainability of life and strive for commitment to its conservation and restoration.
- Sustainable Solution Development: able to provide solutions that support environmental and bioindustry sustainability, one of which is through the latest method approaches in the field of biology.
- Quantitative Analysis: Students are able to carry out quantitative data analysis using appropriate statistical methods to interpret experimental results.
- Complex Problem Solving: Students can use scientific approaches to identify, analyze, and solve complex biological problems.
- Data Interpretation Ability: Students are able to interpret data from experiments or case studies and draw conclusions that are supported by evidence.
- Adaptation to Changes and Application of Latest Knowledge: Students continue to update or apply the latest knowledge in the fields of biology and technology, especially those related to their study focus.
|
---|
Metode Pembelajaran | Proses belajar dalam kelas/lapangan; Tugas terstruktur mandiri/kelompok; Kegiatan mandiri kelompok | Learning process in the classroom/field; Independent/group structured assignments; Group independent activities |
---|
Modalitas Pembelajaran | Daya penyerapan: Visual; Auditorial; Kinestetik
Daya pelaksanaan : Sinkron dan Asinkron | Absorption: Visual; Auditory; Kinesthetic |
---|
Jenis Nilai | ABCDE |
---|
Metode Penilaian | Standar nilai huruf dan nilai indeks sesuai ketentuan akademik ITB (Sistem A, AB, B, BC, C, D, E). Dilakukan secara terpadu untuk menilai:
- Aspek pengetahuan melalui tes tulis berupa kuis, UTS, UAS, dan tugas mandiri/kelompok.
- Aspek keterampilan melalui presentasi (rubrik)
- Aspek sikap melalui keaktifan, kejujuran/plagiarisme, dan kreativitas | Absorption: Visual; Auditory; KinestheticStandard letter grades and index grades according to ITB academic regulations (System A, AB, B, BC, C, D, E). Carried out in an integrated manner to assess:
- Knowledge aspects through written tests in the form of quizzes, UTS, UAS, and independent/group assignments.
- Aspects of skills through presentation (rubric)
- Attitude aspects through activeness, honesty/plagiarism, and creativity |
---|
Catatan Tambahan | | |
---|