Kode Mata Kuliah | BI5290 / 3 SKS |
---|
Penyelenggara | 206 - Biologi / SITH |
---|
Kategori | Kuliah |
---|
| Bahasa Indonesia | English |
---|
Nama Mata Kuliah | Topik Khusus Bioinformatika | Specific Topics Bioinformatics |
---|
Bahan Kajian | - Bioinformatika genomik (sequencing, assembly, anotasi genom, dll)
- Bioinformatika transkriptomik (analisis RNA-Seq, identifikasi dan analisis isoform, dll)
- Bioinformatika proteomic (identifikasi protein dan kuantifikasi, prediksi struktur dan fungsi protein)
- Bioinformatika metabolomik
- Bioinformatika struktur molekuler
| - Genomic bioinformatics (sequencing, assembly, genome annotation, etc.)
- Transcriptomic bioinformatics (RNA-Seq analysis, isoform identification and analysis, etc)
- Proteomic bioinformatics (protein identification and quantification, prediction of protein structure and function)
- Metabolomics bioinformatics
- Molecular structure bioinformatics
|
---|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Pemahaman Konsep Teoritis: Mahasiswa dapat menjelaskan konsep dan teori biologi terkait fokus studinya dengan detail dan akurat.
- Pemikiran Logis: Mahasiswa mampu menggunakan logika dan penalaran yang kuat dalam menguraikan masalah-masalah keilmuan biologi.
- Pemikiran Kritis: Mahasiswa mampu menilai kekuatan dan kelemahan argumen ilmiah, baik dalam karya sendiri maupun orang lain, termasuk evaluasi metodologi, kesimpulan, dan relevansi data.
- Pemikiran Sistematis: Mahasiswa dapat menganalisis dan menyusun komponen atau proses biologi menjadi sebuah sistem yang terorganisir untuk pemahaman yang lebih baik.
- Pembaruan Pengetahuan Terus-menerus: mampu secara aktif memperbarui pengetahuan mereka dengan mengikuti perkembangan terbaru dalam ilmu pengetahuan dan teknologi yang relevan dengan disiplin mereka.
- Proaktif dalam Belajar dan Inovasi: Mampu menunjukkan inisiatif proaktif dalam belajar dan bereksperimen dengan ide-ide dan teknologi baru dalam bidang biologi.
- Integritas Akademis dan praktik ilmiah: Mampu menunjukkan standar tinggi terhadap integritas dalam semua aspek penelitian, termasuk kejujuran dalam pengumpulan dan pelaporan data.
| - Understanding Theoretical Concepts: Students can explain biological concepts and theories related to the focus of their studies in detail and accurately.
- Logical Thinking: Students are able to use logic and strong reasoning in explaining biological scientific problems.
- Critical Thinking: Students are able to assess the strengths and weaknesses of scientific arguments, both in their own work and in others, including evaluating methodology, conclusions, and relevance of data.
- Systematic Thinking: Students can analyze and organize biological components or processes into an organized system for better understanding.
- Continuous Knowledge Update: able to actively update their knowledge by following the latest developments in science and technology relevant to their discipline.
- Proactive in Learning and Innovation: Able to show proactive initiative in learning and experimenting with new ideas and technologies in the field of biology.
- Academic Integrity and scientific practice: Able to demonstrate high standards of integrity in all aspects of research, including honesty in data collection and reporting.
|
---|
Metode Pembelajaran | Kegiatan mandiri | Independent activities |
---|
Modalitas Pembelajaran | Daya penyerapan: Visual; Auditorial; Kinestetik
Daya pelaksanaan : Asinkron | Absorption: Visual; Auditory; Kinesthetic
Implementation capacity: Asynchronous |
---|
Jenis Nilai | ABCDE |
---|
Metode Penilaian | Standar nilai huruf dan nilai indeks sesuai ketentuan akademik ITB (Sistem A, AB, B, BC, C, D, E) | Standard letter grades and index grades according to ITB academic regulations (System A, AB, B, BC, C, D, E) |
---|
Catatan Tambahan | | |
---|