Kode Mata KuliahBI5296 / 3 SKS
Penyelenggara206 - Biologi / SITH
KategoriKuliah
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahStudi Kasus Ilmu HayatiLife Sciences Case Studies
Bahan Kajian
  1. Tipe dan metode studi kasus dalam ilmu hayati
  2. Tahapan membangun studi kasus dalam ilmu hayati
  3. Metode analisis dan statistik
  4. Penulisan laporan studi kasus
  1. Types and methods of case studies in the life sciences
  2. Stages of building a case study in life sciences
  3. Analytical and statistical methods
  4. Writing case study reports
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
  1. Pemikiran Logis: Mahasiswa mampu menggunakan logika dan penalaran yang kuat dalam menguraikan masalah-masalah keilmuan biologi.
  2. Pemikiran Kritis: Mahasiswa mampu menilai kekuatan dan kelemahan argumen ilmiah, baik dalam karya sendiri maupun orang lain, termasuk evaluasi metodologi, kesimpulan, dan relevansi data.
  3. Kemampuan Komunikasi Lisan: Mahasiswa mampu menyampaikan ide dan informasi dengan jelas dan efektif dalam berbagai konteks, termasuk presentasi dan diskusi dengan menggunakan alat bantu visual dan teknologi presentasi secara efektif
  4. Kemampuan Komunikasi Tulis: Mahasiswa mampu menulis laporan, makalah, dan dokumen lain dengan struktur yang baik dan gaya bahasa yang tepat untuk menyampaikan informasi secara efektif kepada audiens yang dituju.
  5. Responsif terhadap Tren Baru: mampu untuk cepat menanggapi dan mengintegrasikan tren baru dalam ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya yang terkait dengan fokus studinya.
  1. Logical Thinking: Students are able to use logic and strong reasoning in explaining biological scientific problems.
  2. Critical Thinking: Students are able to assess the strengths and weaknesses of scientific arguments, both in their own work and in others, including evaluating methodology, conclusions, and relevance of data.
  3. Oral Communication Skills: Students are able to convey ideas and information clearly and effectively in various contexts, including presentations and discussions by using visual aids and presentation technology effectively
  4. Written Communication Skills: Students are able to write reports, papers, and other documents with good structure and appropriate language style to convey information effectively to the intended audience.
  5. Responsive to New Trends: able to quickly respond to and integrate new trends in science and technology, especially those related to the focus of study.
Metode PembelajaranCeramah Kegiatan mandiriIndependent activities
Modalitas PembelajaranDaya penyerapan: Visual; Auditorial; Kinestetik Daya pelaksanaan : AsinkronAbsorption: Visual; Auditory; Kinesthetic Implementation capacity: Asynchronous
Jenis NilaiABCDE
Metode PenilaianStandar nilai huruf dan nilai indeks sesuai ketentuan akademik ITB (Sistem A, AB, B, BC, C, D, E).Standard letter grades and index grades according to ITB academic regulations (System A, AB, B, BC, C, D, E)
Catatan Tambahan