Kode Mata KuliahTG5054 / 3 SKS
Penyelenggara223 - Teknik Geofisika / FTTM
KategoriKuliah
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahCCUS dalam GeofisikaCCUS in Geophysics
Bahan Kajian
  1. Pada kuliah ini akan diberikan pengetahuan tentang kesadaran climate change dan global warming, manajemen karbon, bisnis klasik di dalam migas, dekarbonisasi, energi transisi, bagaimana mencapai kondisi net-zero, definisi CCS dan CCUS.
  2. Mengapa dan bagaimana bidang ini dapat diimplementasikan di Indonesia, apa yang terjadi dengan bisnis migas jika dilibatkan dekarbonisasi CCS/CCUS.
  3. Peran ilmu dan teknologi geofisika din dalam rangkaian bisnis CCS dan CCUS, beberapa contoh proyek di dunia dan Indonesia.
    Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
    1. Mahasiswa memahami tentang perubahan ilkim (climate change) dan pemanasan global (global warming), manajemen karbon, bisnis klasik di dalam migas, dekarbonisasi, energi transisi.
    2. Mahasiswa memahami mengapa dan bagaimana implementasi CCS/CCUS di Indonesia, apa yang terjadi dengan bisnis migas.
    3. Mahasiswa memahami peran ilmu dan teknologi geofisika din dalam rangkaian bisnis CCS dan CCUS, beberapa contoh proyek di dunia dan Indonesia.
      Metode PembelajaranKuliah dari dosen pengampu, Kuliah tamu atau mengikuti seminar, Ekskursi ke lapangan atau kunjungan ke laboratorium yang menyediakan pelayanan pengujian sampel, Studi individual berdasarkan tugas yang diberikan
      Modalitas PembelajaranLuring/Daring/Bauran, Sinkron/Asinkron, Mandiri/Kelompok
      Jenis NilaiABCDE
      Metode PenilaianMini project dan UAS
      Catatan Tambahan