Kode Mata Kuliah | DS5008 / 2 SKS |
---|
Penyelenggara | 271 - Desain / FSRD |
---|
Kategori | Kuliah |
---|
| Bahasa Indonesia | English |
---|
Nama Mata Kuliah | Pengantar Sejarah Desain | Introduction to Design History |
---|
Bahan Kajian | - Dasar-dasar Pengantar Sejarah Desain dari berbagai rangkuman literatur dipaparkan sebagai highlight singkat yang terdiri atas topik-topik terkait: periodesasi-historis, mazhab, gaya, tokoh, karya, dan dampak terhadap bidang desain dan kria yang terjadi di kancah desain internasional maupun Indonesia.
- Penerapan dasar-dasar Pengantar Sejarah Desain ke dalam kegiatan diskusi-simulasi individu/kelompok untuk memaparkan kasus objek desain berdasarkan olah identifikasi terhadap kecenderungan: periodesasi-historis, mazhab, gaya, tokoh, karya, dan dampak terhadap bidang desain dan kria.
Objek desain sebagai kasus diskusi diharapkan sesuai dengan kecenderungan minat penelitian pada proposal tesis individu/kelompok.
|
|
---|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Mampu mengeksplorasi sumber pengetahuan literasi bibliografis dan sumber informasi terkait pengantar sejarah desain berbasis akademik maupun popular dari sumber cetak maupun elektronik/internet.
- Mampu menjelaskan karakter beserta mengklasifikasikan contoh-contoh pemikiran/karya desain/kriya berdasarkan periodesasi-historis, mazhab, hingga gaya yang terjadi di kancah desain internasional maupun Indonesia.
- Mampu mengidentifikasi kecenderungan objek desain/kriya pada proposal tesis kajian/perancangan mahasiswa berdasarkan pengetahuan literasi bibliografis dan sumber informasi terkait sejarah desain.
- Mampu menerapkan pengetahuan literasi bibliografis dan sumber informasi materi pengantar sejarah desain di bidang desain atau kriya dalam bentuk kerangka/diagram atau draft artikel dalam penyusunan artikel ilmiah.
- Mampu menganalisis, bersikap kritis, dan mendeskripsikannya secara sistematis terhadap fenomena dan perkembangan desain/kriya saat ini.
|
|
---|
Metode Pembelajaran | Ceramah/Kuliah Dosen Tamu
Diskusi
Collaborative Learning
Studi Kasus | |
---|
Modalitas Pembelajaran | Kelas dilaksanakan secara hybrid, diutamakan dilakukan secara sinkronik saat pemaparan materi kuliah dan presentasi, pertemuan asinkronik (daring: edunex, whatsapp group, & zoom sebesar 20%-30%) diperlukan saat kegiatan belajar mandiri hingga diskusi/asistensi terkait kasus-kasus di sejarah desain. | |
---|
Jenis Nilai | Pass/Fail |
---|
Metode Penilaian | Penilaian akhir MK. Pengantar Sejarah Desain berdasarkan bobot tugas berikut:
- Tugas individu atau tugas kelompok: 20%
- UTS (makalah/artikel ilmiah): 30%
- UAS (presentasi): 50% | |
---|
Catatan Tambahan | | |
---|