Kode Mata KuliahKI6095 / 6 SKS
Penyelenggara248 - Pengajaran Kimia / FMIPA
KategoriTugas Akhir / Tesis / Disertasi
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahProyek AkhirFinal Project
Bahan Kajian
  1. Diskusi dengan dosen pembimbing.
  2. Seminar Proyek Akhir
  3. Sidang Proyek Akhir
  1. Discussion with the supervisor.
  2. Final Project Seminar
  3. Final Project Defense
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
  1. Mengimplementasikan konsep-konsep kimia untuk menyelesaikan masalah kimia.
  2. Mengidentifikasi masalah-masalah dalam Pengajaran Kimia.
  3. Menyelesaikan permasalahan kimia dalam pengajaran dengan mengintegrasikan konsep dasar kimia.
  4. Merancang peta konsep materi ajar kimia.
  5. Menyusun materi ajar kimia.
  6. Merancang materi eksperimen sesuai dengan peta konsep kimia.
  7. Menyusun modul ekperimen dengan memperhatikan aspek keselamatan dan keamanan laboratorium.
  8. Menelusuri dan menyeleksi informasi dengan menggunakan teknologi informasi.
  9. Mengkompilasi dan mengevaluasi informasi kimia yang diperoleh.
  10. Mengkomunikasikan informasi ilmiah secara lisan di berbagai forum.
  11. Mengkomunikasikan informasi ilmiah secara visual.
  12. Mengkomunikasikan informasi ilmiah secara tulisan.
  13. Menerapkan kaidah etika yang berlaku dalam kegiatan keilmuan.
  14. Mengedukasi masyarakat tentang kimia secara bertanggung jawab dan beretika.
  1. Implementing chemistry concepts to solve chemistry problems.
  2. Identifying issues/problems in chemistry teaching.
  3. Solving chemistry problems in teaching by integrating basic chemistry concepts.
  4. Designing concept maps for chemistry teaching materials.
  5. Preparing chemistry teaching materials.
  6. Designing experimental materials according to chemistry concept maps.
  7. Developing experiment modules with attention to laboratory safety and security aspects.
  8. Searching for and selecting information using information technology.
  9. Compiling and evaluating the obtained chemistry information.
  10. Communicating scientific information orally in various forums.
  11. Communicating scientific information visually.
  12. Communicating scientific information in writing.
  13. Applying applicable ethical principles in scientific activities.
  14. Educating the public about chemistry responsibly and ethically.
Metode PembelajaranDiskusi interaktif.Interactive discussions.
Modalitas PembelajaranLuring, Sinkron Daring, SinkronOffline, Synchronous Online, Synchronous
Jenis NilaiABCDE
Metode PenilaianPenilaian meliputi 50% seminar dan 50% sidang.Assessment includes 50% seminar and 50% examination.
Catatan Tambahan