Kode Mata KuliahKI4161 / 3 SKS
Penyelenggara105 - Kimia / FMIPA
KategoriKuliah
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahTeknik dan Analisis BiomolekulTechnique and Analysis of Biomolecules
Bahan Kajian
  1. Struktur biomolekul (DNA dan Protein)
  2. Visualisasi dan Analisis Struktur Biomolekul
  3. Analisis urutan
  4. Penyejajaran urutan DNA
  5. Multiple sequence alignment dan pohon filogenetik
  6. Desain primer untuk Polymerase Chain Reaction
  7. In silico cloning
  8. Analisis hasil sequencing
  9. Biostatistik
  10. Biokatalisis
  11. Interaksi protein-ligan
  12. Prediksi struktur 3D protein
  13. Penyejajaran struktur protein
  1. Biomolecular Structure (DNA and Protein)
  2. Biomolecule Structure Visualization and Analysis
  3. Sequence analysis
  4. DNA sequence alignment
  5. Multiple sequence alignment and phylogenetic trees
  6. Primer design for Polymerase Chain Reaction
  7. In silico cloning
  8. Analysis of sequencing results
  9. Biostatistics
  10. Biocatalysis
  11. Protein-ligand interactions
  12. Protein 3D structure prediction
  13. Alignment of protein structures
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
  1. Mahasiswa memahami struktur dan fungsi dari biomolekul serta interaksi yang terjadi sehingga biomolekul membentuk konformasi tertentu
  2. Mahasiswa mampu menggunakan perangkat lunak untuk analisis struktur DNA dan protein
  3. Mahasiswa mampu memanfaatkan basis data urutan nukleotida dan protein untuk pencarian informasi
  4. Mahasiswa mampu memahami prinsip sequence alignment dan dapat menggunakan program untuk melakukan sequence alignment
  5. Mahasiswa mampu melakukan perbandingan struktur dan mengkonstruksi pohon filogenetik berbasiskan kemiripan urutan dan struktur protein
  6. Mahasiswa mampu merancang primer untuk memperbanyak gen yang diinginkan dengan metode PCR
  7. Mahasiswa mampu menggunakan perangkat lunak untuk mensimulasi cloning (in silico cloning) dengan tujuan mengonstruksi plasmid rekombinan untuk ekspresi gen di E. coli.
  8. Mahasiswa mampu menggunakan perangkat lunak untuk menganalisis hasil penentuan urutan nukleotida
  9. Mahasiswa mampu membuat program untuk analisis statistika data hasil penelitian
  10. Mahasiswa mampu membuat program untuk analisis numerik kinetika enzim, dan mempelajari efek temperatur dan pH.
  11. Mahasiswa mampu menggunakan perangkat lunak untuk mempelajari interaksi protein-ligand
  12. Mahasiswa memahami prinsip prediksi dan dapat memilih metode yang tepat untuk prediksi struktur 3D protein
  13. Mahasiswa mampu melakukan asesmen terhadap kualitas struktur 3D protein hasil prediksi dan Mahasiswa dapat melakukan perbandingan struktur dan mengkonstruksi pohon filogenetik berbasiskan kemiripan urutan dan struktur protein
  1. Students understand the structure and function of biomolecules as well as the interactions that occur so that biomolecules form certain conformations
  2. Students are able to use software for DNA and protein structure analysis
  3. Students are able to utilize nucleotide and protein sequence databases for information retrieval
  4. Students are able to understand the principles of sequence alignment and can use programs to perform sequence alignment
  5. Students are able to carry out structural comparisons and construct phylogenetic trees based on similarities in protein sequences and structures
  6. Students are able to design primers to reproduce the desired gene using the PCR method
  7. Students are able to use software to simulate cloning (in silico cloning) with the aim of constructing recombinant plasmids for gene expression in E. coli.
  8. Students are able to use software to analyze the results of determining the nucleotide sequence
  9. Students are able to create programs for statistical analysis of research data
  10. Students are able to create programs for numerical analysis of enzyme kinetics, and study the effects of temperature and pH.
  11. Students are able to use software to study protein-ligand interactions
  12. Students understand the principles of prediction and can choose the right method for predicting the 3D structure of proteins
  13. Students are able to assess the quality of predicted 3D protein structures and students can carry out structure comparisons and construct phylogenetic trees based on similarity of protein sequences and structures.
Metode PembelajaranCeramah, studi kasus, kerja kelompok, diskusi kelompokLectures, case studies, group work, group discussions
Modalitas PembelajaranVisual, sinkronous dan asinkronous.Visual, synchronous and asynchronous.
Jenis NilaiABCDE
Metode PenilaianUjian, TugasExams, Assignments
Catatan Tambahan