Kode Mata Kuliah | BT6099 / 3 SKS |
---|
Penyelenggara | 211 - Bioteknologi / SITH |
---|
Kategori | Kuliah |
---|
| Bahasa Indonesia | English |
---|
Nama Mata Kuliah | Tren dalam Bioteknologi II | Trends in Biotechnology II |
---|
Bahan Kajian | - Bioteknologi Lingkungan dan Keberlanjutan
- Bioteknologi dalam Kesehatan dan Kedokteran
- Etika dan Regulasi dalam Bioteknologi
- Tantangan dan Peluang Masa Depan
| - Environmental Biotechnology and Sustainability
- Biotechnology in Health and Medicine
- Ethics and Regulation in Biotechnology
- Future Challenges and Opportunities
|
---|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Mahasiswa mampu menjelaskan konsep bioteknologi lingkungan, serta merancang dan menganalisis solusi bioteknologi untuk masalah lingkungan, termasuk bioremediasi dan pengolahan limbah.
- Mahasiswa mampu memahami dan menerapkan teknologi bioteknologi dalam diagnosa medis, pengembangan obat, vaksin, terapi gen, dan bioteknologi regeneratif.
- Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan menjelaskan isu-isu etika dalam penelitian dan aplikasi bioteknologi, serta memahami regulasi nasional dan internasional yang relevan.
- Mahasiswa mampu mengidentifikasi tantangan utama yang dihadapi oleh bioteknologi saat ini dan di masa depan, serta mengembangkan strategi untuk mengatasi tantangan tersebut dan memanfaatkan peluang baru dalam bioteknologi.
| - Students are able to explain the concept of environmental biotechnology, as well as design and analyse biotechnology solutions for environmental problems, including bioremediation and waste treatment.
- Students are able to understand and apply biotechnology technology in medical diagnosis, drug development, vaccine, gene therapy, and regenerative biotechnology.
- Students are able to identify and explain ethical issues in biotechnology research and applications, and understand relevant national and international regulations.
- Students are able to identify the main challenges faced by biotechnology today and in the future, and develop strategies to overcome these challenges and capitalise on new opportunities in biotechnology.
|
---|
Metode Pembelajaran | Proses belajar dalam kelas, Penugasan terstruktur | Structured assignments, Independent activities |
---|
Modalitas Pembelajaran | Moda penyerapan: Auditorial
Moda Pelaksanaan: Sinkronous | Modes of absorption: Visual, Auditorial
Modes of Execution: Synchronous |
---|
Jenis Nilai | ABCDE |
---|
Metode Penilaian | UTS 35%, UAS 35%; Tugas mandiri 10%, Tugas kelompok dan debat 20% | Midterm Exam 35%; Final Exam 35%; Independent Assignments 10%; Group assignments and debate 20% |
---|
Catatan Tambahan | | |
---|