| Bahan Kajian | Pembentukan timPengenalan kegiatan lapangan dan Induksi HSEManajemen Ekspedisi dan Peralatan PembekalanKeamanan PerjalananWawasan Lingkungan, dan Kesehatan Fisik (P3K)Penggunaan peta dan alat bantu navigasiSurvival dan tali temaliKegiatan ekpsedisi geospasial
 | Team formationIntroduction to field activities and HSE InductionExpedition and Equipment Management DebriefingTravel SafetyEnvironmental Insight, and Physical Health (First Aid)Use of maps and navigation aidsSurvival and riggingGeospatial expedition activities
 | 
|---|
| Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | Mampu menjelaskan faktor-faktor apa saja yang harus diperhatikan dalam pembentukan tim dan bagaimana menjaga tim agar tetap solid.Mampu menjelaskan pengertian HSE, cara mengidentifikasi resiko dan cara memimalisasi risiko.Mampu menjelaskan definisi ekspedisi dan manajemen ekspedisi, jenis-jenis ekspedisi, hal-hal yang harus diperhatikan dan dipmampu menjelaskan definisi ekspedisi dan manajemen ekspedisi, jenis-jenis ekspedisi, hal-hal yang harus diperhatikan dan dipersiapkan dalam suatu ekspedisi, dan peralatan dalam ekspedisi.Mampu merancang berdasarkan ekspedisi dengan aman dan teknik menjaga kebugaran sebelum, pada saat, dan setelah berekspedisi.Mampu mendeskripsikan definisi peta, jenis-jenis peta, objek-objek pada peta, cara membuat kontur.Mampu menerapkan teknik bernavigasi konvensional menggunakan kompas.Mampu menerapkan navigasi di kampus dengan menggunakan peta dan kompas.Mampu menerapkan cara bertahan hidup di alam terbuka dan teknik-teknik dalam tali temali, dan melakukan beberapa teknik tali temali.Mampu membentuk tim dan menjaga kekompakan tim nya selama di alam terbuka.Mampu mengisi tabel HSE untuk hidup di alam terbuka.Mampu menyiapkan rencana perjalanan ekspedisi dan perbekalan selama hidup di alam terbuka.Mampu melakukan persiapan jasmani dan menjaga ekspedisi agar tetap aman.Mampu melakukan navigasi dengan menggunakan peta dan kompas di alam terbuka.
 | Able to explain what factors must be considered in team building and how to keep the team solid.Able to explain the meaning of HSE, how to identify risks and how to manage  them minimize risk.Able to explain the definition of expedition and expedition management, types of expeditions, things that must be considered and prepared in an expedition, and equipment in the expedition.Able to design based on safe expedition and safeguarding techniques fitness before, during and after an expedition.Able to describe the definition of maps, types of maps, objects on the map, how to create contours.Able to apply conventional navigational techniques using a compass.Able to apply navigation on campus using maps and compasses.Able to apply outdoor survival methods and techniques in rigging, and performing some rigging techniques.Able to form a team and maintain its team cohesiveness while in the outdoors.Able to fill in the HSE table for outdoor living.Able to prepare an expedition itinerary and supplies for life on the ground, the outdoors.Able to make physical preparations and keep the expedition safe.Able to navigate using a map and compass in nature open.
 | 
|---|