Kode Mata KuliahDS5025 / 3 SKS
Penyelenggara271 - Desain / FSRD
KategoriKuliah
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahBisnis Desain IIThe Business of Design II
Bahan Kajian
  1. Prinsip kewirausahaan dalam desain
  2. Strategi desain untuk pasar
  3. Prediksi perilaku pengguna
  4. Kajian industri kreatif
  5. Strategi promosi dan pemasaran desain
    Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
    1. Mahasiswa mampu mengidentifikasi prinsip-prinsip kewirausahaan yang relevan dengan desain.
    2. Mahasiswa mampu melakukan kajian mendalam tentang industri kreatif.
    3. Mahasiswa mampu merumuskan strategi desain yang sesuai dengan kebutuhan pasar.
    4. Mahasiswa mampu merancang strategi promosi dan pemasaran untuk produk desain.
    5. Mahasiswa mampu melakukan kajian mendalam tentang industri kreatif.
    6. Mahasiswa mampu merancang strategi promosi dan pemasaran untuk produk desain.
    7. Mahasiswa mampu merumuskan strategi desain yang sesuai dengan kebutuhan pasar.
    8. Mahasiswa mampu melakukan prediksi perilaku pengguna terhadap produk desain.
      Metode PembelajaranCeramah/Kuliah Dosen Tamu Diskusi Team-based Project
      Modalitas PembelajaranBauran/Hybrid Luring (Offline): Kuliah tatap muka, praktikum, dan presentasi. Daring (Online): Diskusi online, pengumpulan tugas melalui platform e-learning, dan webinar.
      Jenis NilaiABCDE
      Metode PenilaianPoint: Tugas: 40% Pembuatan proposal strategi bisnis dalam desain. Analisis studi kasus industri kreatif. Ujian Tengah Semester (UTS): 30% Tes tertulis mengenai konsep kewirausahaan, strategi desain, dan prediksi perilaku pengguna. Ujian Akhir Semester (UAS): 30% Proyek akhir yang mencakup perencanaan hingga strategi promosi-pemasaran desain.
      Catatan TambahanKomponen Penilaian: Tugas Kelompok UTS UAS Kehadiran