| Kode Mata Kuliah | DS5025 / 3 SKS |
|---|
| Penyelenggara | 271 - Desain / FSRD |
|---|
| Kategori | Kuliah |
|---|
| Bahasa Indonesia | English |
|---|
| Nama Mata Kuliah | Bisnis Desain II | The Business of Design II |
|---|
| Bahan Kajian | - Prinsip kewirausahaan dalam desain
- Strategi desain untuk pasar
- Prediksi perilaku pengguna
- Kajian industri kreatif
- Strategi promosi dan pemasaran desain
|
|
|---|
| Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Mahasiswa mampu mengidentifikasi prinsip-prinsip kewirausahaan yang relevan dengan desain.
- Mahasiswa mampu melakukan kajian mendalam tentang industri kreatif.
- Mahasiswa mampu merumuskan strategi desain yang sesuai dengan kebutuhan pasar.
- Mahasiswa mampu merancang strategi promosi dan pemasaran untuk produk desain.
- Mahasiswa mampu melakukan kajian mendalam tentang industri kreatif.
- Mahasiswa mampu merancang strategi promosi dan pemasaran untuk produk desain.
- Mahasiswa mampu merumuskan strategi desain yang sesuai dengan kebutuhan pasar.
- Mahasiswa mampu melakukan prediksi perilaku pengguna terhadap produk desain.
|
|
|---|
| Metode Pembelajaran | Ceramah/Kuliah Dosen Tamu
Diskusi
Team-based Project | |
|---|
| Modalitas Pembelajaran | Bauran/Hybrid
Luring (Offline): Kuliah tatap muka, praktikum, dan presentasi.
Daring (Online): Diskusi online, pengumpulan tugas melalui platform e-learning, dan webinar. | |
|---|
| Jenis Nilai | ABCDE |
|---|
| Metode Penilaian | Point:
Tugas: 40%
Pembuatan proposal strategi bisnis dalam desain.
Analisis studi kasus industri kreatif.
Ujian Tengah Semester (UTS): 30%
Tes tertulis mengenai konsep kewirausahaan, strategi desain, dan prediksi perilaku pengguna.
Ujian Akhir Semester (UAS): 30%
Proyek akhir yang mencakup perencanaan hingga strategi promosi-pemasaran desain. | |
|---|
| Catatan Tambahan | Komponen Penilaian:
Tugas Kelompok
UTS
UAS
Kehadiran | |
|---|