Kode Mata KuliahMA1205 / 4 SKS
Penyelenggara101 - Matematika / FMIPA
KategoriKuliah
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahMatematika IIE (Rekayasa III)Mathematics IIE (for Engineering III/Physical Engineering )
Bahan Kajian
  1. Teknik Pengintegralan
  2. Irisan Kerucut dan Koordinat Polar
  3. Fungsi bernilai vektor
  4. Fungsi peubah banyak
  5. Sistem Persamaan Linear
  6. Matriks dan Determinan
  7. Vektor dan Ruang Vektor
  8. Transformasi linear
  9. Nilai karakteristik dan diagonalisasi
  1. Integration Technique
  2. Cone Slices and Polar Coordinates
  3. Vector-valued function
  4. Multivariable function
  5. System of Linear Equations
  6. Matrices and Determinants
  7. Vectors and Vector Space
  8. Linear transformation
  9. Characteristic value and diagonalisation
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
  1. Menggunakan teknik pengintegralan, konsep-konsep dasar fungsi bernilai vektor, maupun fungsi peubah banyak.
  2. Menggunakan teorema-teorema dalam aljabar linear untuk menjelaskan beberapa fenomena nyata dalam sains dan rekayasa.
  3. Menyusun rangkaian argumen matematika, khususnya aljabar linear, dalam berpendapat untuk meyakinkan orang lain, dalam lisan maupun berbagai penyajian seperti diagram, tabel, grafik, maupun tulisan, dalam bahasa sendiri termasuk memberi penafsiran dalam konteks matematika maupun di luar matematika
  4. menemukan dan menerjemahkan solusi matematika ke dalam konteks semula, yang membangun sikap positif seperti kepercayaan diri, gigih, terbuka, dan lainnya.
  1. Use integrating techniques, basic concepts of vector-valued functions, and functions of many variables.
  2. Use theorems in linear algebra to explain some real phenomena in science and engineering.
  3. Construct a series of mathematical arguments, especially linear algebra, in arguing to convince others, orally and in various presentations such as diagrams, tables, graphs, and writing, in one's own language including giving interpretations in the context of mathematics and outside mathematics.
  4. Finding and translating mathematical solutions into their original contexts, which builds positive attitudes such as confidence, perseverance, openness, and more.
Metode PembelajaranKombinasi ceramah dan diskusi, pembelajaran berbasis masalah, dan pembelajaran kooperatifA combination of lecture and discussion, problem-based learning, and cooperative learning
Modalitas PembelajaranLuring/BauranOffline/hybrid
Jenis NilaiABCDE
Metode PenilaianUTS , UAS, tugas mandiri dan kuisUTS, UAS, individual assignments and quizzes
Catatan Tambahan